Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim


Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia

Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim


Sekolah/Madrasah

Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia

Sampai dengan tahun 2017, Pondok Pesantren telah mengelola 3 buah lembaga pendidikan formal, yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Aliyah (MA). Di samping itu, Pondok Pesantren Cendekia DLM NW juga mengelola satu lembaga pendidikan kepesantrenan, yakni Madrasah Diniyah Takmiliyah Wushto (MDTW). Sekolah Menengah Kejuran (SMK) Cendekia NW diperoleh ijin operasionalnya pada tahun 2014 dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur, dengan tiga jurusan, yakni Perikanan, Peternakan, dan Tata Busana. Pada tahun pelajaran 2017/2018, SMK Cendekia NW mengembangkan jurusan dengan membuka jurusan Otomotif, Komputer, dan Pariwisata. SMP Cendekia NW mendaptkan ijin operasional pada tahun 2015 dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur. 
Baca Juga : PERINGATAN HARI BESAR DAN ADZIKROL MAULIDIYAH CENDEKIA AIKLOMAK
Sementara Madrasah Diniyah Takmiliyah Wushto (MDTW) Cendekia NW mendapatkan ijin operasional pada tahun 2016 dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. SMK, SMP, dan MDTW mengikuti ujian akhir (penamatan) yang perdana pada tahun 2017. Pada tahun 2017 SMK, SMP, dan MDTW telah melahirkan alumni angkatan perdana. Sedangkan Madrasah Aliyah Cendekia NW mendapat ijin operasional pada tahun 2017 dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Nusa Tenggara Barat. MA Cendekia NW membuka dua jurusan, yakni Jurusan IPA dan Jurusan IPS. Tahun pelajaran 2016/2017 merupakan angkatan perdana.
Kedepan Cendekia berencana untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah dan Politeknik Cendekia Lombok (PCL). Politeknik adalah salah satu jenis perguruan tinggi yang hanya membuka program diploma, diploma satu, diploma dua, diploma tiga, dan diploma empat. Diploma empat setara dengan sarjana. Alumi diploma lebih siap untuk memasuki  pasar kerja dibandingkan dengan alumni program S.1 (sarjana). Madrasah Tsanawiyah Cendekia akan dibuka saat siswa SMP Cendekia NW di atas 3 kelas. Sedangkan PCL inshaallah mulai dirintis studi kelayakannya pada tahun 2018 dan tahun 2019 sudah mulai diproses ijin operasionalnya pada Kopertis Wilayah VIII dan Kementerian Riset, Teknolgi, dan Pendidikan Tinggi. Diharapkan tahun 2020 sudah bisa menerima mahasiswa baru. Alumni ke-4  SMK dan alumni ke-2 MA Cendekia diharapkan menjadi angkatan perdana pada PCL.

Lembaga Lain

Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia

Pondok Pesanren Cendekia juga megelola Koperasi Pondok Pesantren (Konpotren) yang mendaptkan ijin operasional dari Bupati Lombok Timur pada tahun 2015. Cendekia juga mengelola Lembaga Kesejahteran Sosial Anak (LKSA) Cendekia NW dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Pontren Cendekia NW. LKSA dan LKS ini telah mendapatkan ijin operasional pada tahun 2016 dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transimigrasi Kabupaten Lombok Timur. LKS juga megelola “Rumah Rehab Cendekia” yang diresmikan oleh Badan Narkotika Nasional Propinsi NTB pada 28 Agustus 2016. Rumah Rehab Cendekia ini adalah wadah untuk merehabilitasi pencandu Narkoba kerjasama dengan BNN Propinsi NTB. Salah satu tugas Rumah Rehab Cendekia membina nilai-nilai keagamaan para pencandu Narkoba pasca direhab secara medis. Cendekia juga mengelola Radio Siaran, “Radio DarulLutviyah (RDL) 92.0 FM. RDL telah mulai mengudara pada tanggal 10 Pebruari 2015.

Baca Juga : PEMBINAAN SANTRI

Baca Juga : DAFTAR BIODATA PENGASUH PONDOK PESANTREN CENDEKIA AIKLOMAK

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pondok Pesantren dan Hakikat Pondok Pesantren

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pondok Pesantren Cendekia

Baca Juga : Misi Visi Tujuan Pontren Cendekia

Baca Juga : Motto dan Program Pondok Pesantren Cendekia

Baca Juga : Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia

Baca Juga : Kegiatan Sekolah Dan Pondok Cendekia Aiklomak

Baca Juga : BIAYA-BIAYA DI PONDOK PESANTREN CENDEKIA

Baca Juga : JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK

0 Response to "Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel