PERINGATAN HARI BESAR ( HULTAH ) PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK


PERINGATAN HARI BESAR DAN ADZIKROL MAULIDIYAH CENDEKIA AIKLOMAK

PERINGATAN HARI BESAR ( HULTAH ) PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK

Peringatan Hari Besar Islam

PERINGATAN HARI BESAR DAN ADZIKROL MAULIDIYAH CENDEKIA AIKLOMAK

PERINGATAN HARI BESAR ( HULTAH ) PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK - Sebagai Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan, di Pondok Pesantren Cendekia diperingati hari-hari besar Keislaman (PHBI). Semua hari-hari besar Islam diperingati. Peringatan-peringatan hari besar Islam ini telah dibakukan tanggal pelaksanaan dan pelestarian tradisi dalam pelaksanaannya. Tradisi-tradisi (budaya) yang dilaksanakan oleh orang-orang tua/masyarakat Sasak dalam peringatan hari-hari besar Islam tersebut. Misalnya pada peringatan Maulid Nabi ada “penamat”, ada nasi sunan/rasul, dan lain-lain. Dalam peringatan Isra’ Mikraj ada makanan lontong (topat), dan lain-lain. Tradisi-tradisi ini di Cendekia dilestarikan. Inilah di antara implemtasi dari visi, “berwisata: wisata budaya”.
Adapun tanggal dan waktu peringatan hari-hari besar Islam ini untuk di Cendekia telah dibakukan, yakni untuk Maulid Nabi dirayakan pada hari Ahad, minggu terakhir bulan Rabiul Awal. Peringatan ini dilaksanakan pada pagi hari. Mengapa hari Ahad? Karena Cendekia bertentangga dengan SDN. Dipilihnya hari Ahad supaya tidak mengangu kegiatan belajar mengajar di SD.  Saat peringatan Maulid Nabi ini, wali santri diminta untuk hadir sambil membawa “penamat”. Penamat ini akan diberikan kepada para tamu undangan. Sedangkan untuk makan siang dan “nasi sunan” disiapkan oleh pondok. Penamat ini berupa bungkusan yang berisi jajan-jajan yang biasa dibuat di kampung asal wali santri kala Maulid tiba. Untuk peringatan Israk Mikraj di laksanakan pada malam tanggal 27 Rajab. Israk Mikraj diperingati pada malam hari. Wali santri tidak diundang. Acara ini hanya dihadiri oleh santri/pengasuh/guru/dan tamu undangan.Pada acara Israk Mikraj disiapkan makanan, “lontong/topat”. Sementara itu, peringatan Nuzulul Qur’an dilakasankan pada sore hari, yakni tanggal 25 Ramadhan dimulai dengan sholat ashar berjmaah. Wali santri diundang dan menjadi malam lailatul ijtimak untuk wali santri, pengasuh, guru, dan santri. Wali santri membawa makanan dari rumah untuk buka puasa bersama dengan anak-anaknya. Wali santri langsung dapat membawa anak-anaknya pulang dalam rangka libur idul fitri yang dimulai dari tanggal 26 Ramadhan. Tanggal 25 pagi merupakan hari penarikan peserta Praktik Pengabdian Santri (PPS) dari lokasi PPS. Cendekia juga merayakan peringatan tahun baru hijriyah dengan membaca doa akhir dan awal tahun serta pengajian.

Peringatan Hari Besar Nasional

PERINGATAN HARI BESAR DAN ADZIKROL MAULIDIYAH CENDEKIA AIKLOMAK

Pontren Cendekia juga melibatkan diri dalam peringatan hari-hari besar Nasional dengan mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Bahkan Cendekia juga melaksanakan apel bendera dalam peringatan-peringatan hari besar Nasional di komplek pondok.

Adzikrol Maulidiyah

PERINGATAN HARI BESAR DAN ADZIKROL MAULIDIYAH CENDEKIA AIKLOMAK

Adzikrol Maulidiyah adalah peringatan hari ulang tahun  lahir/berdirinya Pondok Pesantren Cendekia DLM NW. Seperti dijelaskan di atas bahwa Pondok Pesantren Cendekia DLM NW didirikan pada pada hari Rabu, 17 Sya’ban 1434 H./26 Juni 2013 M. Untuk mengenang hari lahirnya pondok ini maka tiap tahun diperingati dengan istilah Adzikrol Maulidiyah (mengingat lari lahir). Peringatan hari lahir ini dalam rangka mengikuti sunnah hasanah dari Maulana Syaikh TGKH.
Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yang setiap tahun melaksanakan HULTAH NWDI. NWDI adalah madrasah pertama yang didirikan oleh Maulana Syaikh yang telah melahirkan pondok pesantren/madrasah Nahdlatul Wathan yang salah satunya Pondok Pesantren Cendekia DLM NW Aikmel. Adzikrol Maulidiyah Cendekia dilaksanakan pada pada hari Ahad terakhir bulan Agustus. Dipilihnya bulan Agustus supaya santri baru bersama orang tuanya dapat langsung mengikuti peringatan tersebut dan menjadi kunjungan pertama wali santri setelah anak-anaknya berada 40 hari di pondok setelah penyerahan. Jadi peringatan ini sengaja diundur 2 bulan karena tahun ajaran baru di negara kita telah dibakukan pada bulan Juli.

Pada saat peringatan Adzikrol Maulidiyah ini diharapakan wali santri dapat hadir bersama keluarga untuk menyemarakkan peringatan tersebut. Adzikrol Maulidiyah ini diharaplan sebagai wadah silaturrahmi antara wali santri/alumni/mutharrijin dengan pihak pondok pesantren serta pemerintah/pihak-pihak terkait. Di samping itu, santri Cendekia juga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka HULTAH NWDI.
Demikianlah artikel PERINGATAN HARI BESAR ( HULTAH ) PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK yang semoga dapat memberikan anda informasi dan jika ada yang mau di tanyakan silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini. atau hubungi kami di WA KONTAK

0 Response to "PERINGATAN HARI BESAR ( HULTAH ) PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel