Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Lotim



Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia


Lahan dan Bangunan
Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia
Sampai dengan tahun 2017, Pondok Pesantren Cendekia DLM NW dibangun di atas tanah seluas 10.000 M2 (satu hektar) dengan 2 lokasi, yakni di depan SDN 3 Aikmel Utara seluas 3.600 M2 (36 are)  dan di belakang SDN 3 Aikmel Utara seluas 6.400 M2 (64 are).Di samping itu, Cendekia juga mempunyai lahar seluas 35.000 are (3,5 hektar) sekitar 800 meter arah barat dari lokasi pondok.

Pada lahan di depan SDN 3 Aikmel telah dibangun sebuah kantor permanen, 4 ruang kelas semi permanen, 2 unit asrama semi permanen, 3 unit kamar mandi, satu buah bak untuk air minum, satu buah dapur umum permanen, ruang praktik jurusan tata busana, ruang koperasi, dan  sembilan gazebo untuk pengasuh.
Baca Juga : PEMBINAAN SANTRI
Bangun-bangunan di lokasi ini sengaja dibuat semi permanen dengan menggunakan pagar bambu dan papan. Ini dimaksudkan untuk melestarikan  tampilan  pondok-pondok pesantren zaman dulu. Di samping itu untuk memanfaatkan potensi alam dan kultur tanah yang tidak rata. Pemanfaatan potensi alam yang banyak air dan kultur tanah yang cocok dibuat kolam. Untuk itu seluru bangun semi permanen di lokasi ini dibangun di atas kolam. Kolam-kolam ini sekaligus sebagai tempat praktik siswa SMK jurusan budi daya ikan air tawar. Di samping itu, untuk memberikan manfaat bagi para pengerajin pagar bambu yang ada di Wanasaba.

Gazebo/Lumbung yang dalam bahasa Sasak yang diberdiri di komplek Pondok Pesantren Cendekia DLM NW  sengaja didesain dengan bangunan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk melestarikan nilai-nilai budaya suku Sasak  sekaligus untuk mewujudkan visi pondok ini sebagai lokasi berwisata, yakni wisata budaya. Bila ada orang yang ingin melihat bangunan asli suku Sasak maka datanglah ke Cendekia. Lumbung-lumbung ini bukan dibuat sekarang tetapi dicari di tengah-tengah masyarakat yang telah dibuat puluhan tahun yang silam. Bahkan salah satu lumbung tersebut dibuat pada tahun 1943. Di rencanakan ke depan di kompleks pondok ini akan didirikan 25 lumbung. Tiap lumbung akan diberikan nama dengan Nama Nabi, yakni dari Nabi Adam sampai dengan Nabi Muhammad Saw. 
Baca Juga : DAFTAR BIODATA PENGASUH PONDOK PESANTREN CENDEKIA AIKLOMAK
Dengan demikian lumbung ini juga sebagai media pembelajaran bagi para santri untuk menghapal nama-nama Rasul Allah. Lumbungan akan menjadi tempat wali santri yang ingin menginap melihat putra-putri pada saat kunjungan, yakni Kamis minggu pertama dan minggu ketiga. Wali dapat menginap pada malam jumat dan pagi atau sore jumat pulang. Wali santri juga dapat mencuci dan jumatan di pondok. Diharapkan wali santri yang menggunakan (nginap) di lumbung (gazebo) dapat memberikan infak (sumbangan) ke pondok dengan perhitungan harga semen 1- 2 sak. Wali santri dapat membawa makanan untuk putra-putrinya dan makan bersama pada malam hari bersama anak-anaknya di gazebo. Untuk makan pagi dan siang wali santri dapat ikut makan di dapur bersama putra putrinya ala santri. Ke depan Cendekia juga akan membangun kantin/warung untuk santri/wali santri atau pengunjung lainnya. Untuk saat ini lumbung (gazebo) ini ditempati oleh para pengasuh yang tinggal di pondok selama 24 jam.
Pada lahan yang 64 are sudah berdiri sebuah masjid dengan konstruksi lantai 2 dengan ukuran 32 x 23 M2. Sejak bulan Juli 2016 lantai pertama telah digunakan untuk kegiatan santri dan kegiatan pondok lainnya. Masjid ini di samping sebagai teman beribadah, juga sebagai tempat pengajian, dan ruang kelas sekolah formal untuk kelas banin. Bahkan untuk tahun 2017, masjid ini akan disket 2 gang sebagai asrama sementara santri banin. Di lantai dasar masjid dibangun kamar mandi/tempat wudu dengan ukuran 27 x 4 m2. D lokasi ini sedang di bangun asrama santri dengan kontruksi lantai 4, dengan ukuran 45 x 13 M2.  Saat ini sedang proses pengecoran lantai dasar. Di lokasi ini juga telah terbangun 2 buah gazebo. Di komplek masjid terdapat perpustakaan , stasiun radio siaran RDL 92.0 FM, kantor Rumah Rehab Cendekia, dan ruangan mudir.

Prestasi
Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia

Santri Cendekia angkatan perdana tahun 2014 telah tamat pada tahun 2017 sebanyak 36 orang.  Para santri angkatan perdana ini telah tercatat sebagai pejuang di Cendekia. Mereka telah memperoleh banyak prestasi untuk Cendekia yang diikuti oleh santri angkatan ke-2, ke-3, dan seterusnya. Santri angkatan perdana ini telah diikutkan dalam berbagai jenis lomba. Walau dalam keterbatasan namun mereka tetap bersemangat dan tidak sedikit mendapatkan juara. 
Baca Juga : Lembaga-Lembaga di Pontren Cendekia
Semangat berlomba untuk para santri ini terus dikembangkan di Cendekia. Alhamdulillah banyak prestasi yang diraih oleh para santri terutama untuk tingkat Kabupaten Lombok Timur. Salah satu yang paling menonjol adalah SMK Cendekia menjadi juara satu pada lomba Debat Bahasa Inggris  tingkat SMK yang diadakan oleh Dikpora Lombok Timur pada tahun 2016. Tahun 2017 pun SMK Cendekia telah bersiap untuk mengulangi kemenangan tersebut tetapi sayang UPT Dikmen Lombok Timur tidak mengadakan, dan banyak perlombaan-perlombaan yang lain yang dijuarai oleh santri Cendekia.

Cendekia Saince Compation (CSC)
Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia

Cendekia Saince Compation (CSC) adalah kompetisi sain cendekia merupakan wadah perlombaan yang diselenggarakan di Cendekia untuk mengembangkan prestasi siswa/santri yang berada di luar Cendekia. Ini adalah wadah perlombaan dalam bidang IPA dan matematika yang di selenggarakan oleh Pondok Pesantren Cendekia dan santri Cendekia tidak boleh mengikutinya. Lomba ini diikuti oleh siswa SD/MI dan SMP/MTs. Lomba ini diselenggarakan pada bulan Nopember. Lomba ini dimulai pada tahun 2016 dan akan terus dilaksanakan menjadi agenda tahunan di Cendekia. 
Baca Juga : JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK

Siswa yang mendapat 10 besar dalam lomba ini bila melanjutkan di Cendekia diberikan keringanan dalam daftar ulang 50 %. Misalnya pada tahun 2017 ini daftar ulang di Cendekia  Rp 2.000.000,- maka peraih  sepuluh besar dalam CSC hanya mendaftar ulang Rp 1.000.000,-. Pada saat CSC dilaksanakan para peserta diajak untuk menjadi santri selama satu hari karena CSC ini dilaksanakan selama satu hari. Hari itu juga diumumkan para juara. CSC dilaksanakan dalam 2 tahap, yakni tahap pertama diikuti oleh seluruh peserta dan tahap kedua diikuti oleh peraih 10 besar untuk memperebutkan juara  1,2, dan 3 dalam bidang IPA dan Matematika. Peserta diajak untuk sholat berjamaah zohor dan ashar. Peserta diberikan makan siang seperti makannya para santri. Antri dengan membawa piring yang disediakan oleh panitia.  Tentu peserta yang mengikuti CSC ini mengeluarkan uang pendaftaran yang salah satu arahnya adalah untuk makan siang peserta dan guru pendamping. CSC diselenggarakan dengan motto : Berlomba dan Berwisata; Uji Nyali dan Nyantri; Bina Silaturrahmi dan Raih Prestasi.
Baca Juga : 


Demikianlah Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Lotim yang semoga memberikan anda informasi lebih banyak. dan jika ada hal yang mau di tanyakan silahkan berkomentar pada kolom di bawah ini. atau hubungi kami di vie KONTAK WA. 

0 Response to "Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Lotim"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel