JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK LOTIM


https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/jurusan-dan-ekstrakurikuler-pondok.html


JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK LOTIM

Pembelajaran Bahasa

https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/jurusan-dan-ekstrakurikuler-pondok.html

JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK LOTIM - Pada malam pertama para santri baru berada di pondok/di asrama maka setelah sholat magrib mereka akan diberikan  pengarahan tetang ketentuan-ketentuan (tata tertib) yang harus ditaati selama menjadi santri. Salah satu ketentuan tersebut adalah santri tidak boleh menggunakan bahasa daerah. Harus menggunakan bahasa Indonesia. Selanjutnya mereka akan dites kemmapuan Bahasa Inggris. 

Baca Juga : 


Tes kemampuan  bahasa Inggris ini dimaksudkan untuk mengelompokan santri sesuai dengan kemampuannya  supaya lebih gampang dibina oleh pengasuh.  Setelah pengelompokkan ini dilakukan maka kegiatan belajar bahasa Inggris dilaksanakan setelah sholat ashar sampai  jaml 17.30 wita dan setelah makan malam, jam 20.30 – 22.00 Wita. Waktu belajar bahasa Inggris bagi santri  baru selama satu semester (6) bulan. Setelah  lancar berbahasa Inggris maka 6 bulan selanjutnya santri baru akan belajar bahasa Arab. Saat kelas 2 tidak lagi belajar bahasa tinggal menggunakan. Pada saat kelas 2 para santri akan fokus mempelajari jurusan pondok yang dipilih, yakni Tahfiz  atau  Kitab.

Pembelajaran Al-Qur’an

https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/jurusan-dan-ekstrakurikuler-pondok.html

Pada malam pertama santri berada di pondok juga  akan dites kemampuan membaca Al-Qur’an. Tes kemampuan membaca Al-Qur’an  ini dimaksudkan untuk mengelompokan santri sesuai  dengan kemampuannya  supaya lebih gampang dibina oleh pengasuh.  Setelah pengelompokan ini dilakukan maka kegiatan belajar Al-Qur’an akan dilaksanakan antara magrib dan isya dan sebelum sholat subuh setelah sholat malam. Pembelajaran Al-Qur’an ini juga dibarengi dengan pembelajaran tata cara sholat, berwudhu, akhlaq, dan lain-lain. Santri yang sudah fasih membaca Al-Qur’an dan sudah lancar berbahasa Inggris akan pindah ke belajar bahasa Arab dan selanjutayn memilih jurusan pondok, yakni tahfiz atau kitab.

Jurusan Tahfiz

https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/jurusan-dan-ekstrakurikuler-pondok.html


Pondok Pesantren Cendekia DLM NW telah menetapkan 2 (dua) jurusan pondok, yakni Tahfiz dan Kitab.Santri baru boleh memilih jurusan setelah mereka fasih membaca Al-Qur’an. Santri yang mengambil Jurusan Tahfiz maka  kegiatan pondoknya akan fokus untuk menghafal Al-Qur’an. Santri yang mengambil Jurusan Tahfiz ditargetkan dalam setiap jenjang pendidikan formal yang diikuti harus bisa menghafal 4 juz Al-Qur’an, yakni juz satu sampai tiga dan juz 30. Di samping itu, mereka juga harus belajar kitab dan ilmu-ilmu keislaman lainnya.

Jurusan Kitab

https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/jurusan-dan-ekstrakurikuler-pondok.html
Persyaratan dan waktu untuk mengambil jurusan Kitab sama dengan mengambil jurusan Tahfiz. Santri yang mengambil jurusan kitab maka yang bersangkutan akan fokus untuk mempelajari ilmu yang menjadi dasar untuk dapat membaca kitab kuning, yakni ilmu nahwu dan sharaf. Ilmu-ilmu dasar untuk bisa membaca kitab kuning harus dihapal, dipahami dan bisa diterapkan dalam membaca kitab kuning. Kitab dasar yang wajib dihapal, yakni matan ajjurumiyah dan amsilatunjadidah. Di samping itu, santri jurusan kitab juga harus menghafal juz 30 kitab suci Al-Qur’an. Juz 30 wajib dihafal oleh setiap santri Cendekia sebagai bekal mereka menjadi imam sholat di tengah-tengah masyarakat di mana saja mereka berada untuk meniti masa depan. Kemampuan membaca kitab kuning adalah pintu utama untuk dapat menggali dan memahami ilmu-ilmu keislaman.
Baca Juga : PEMBINAAN SANTRI

Ekstrakurikuler

https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/jurusan-dan-ekstrakurikuler-pondok.html

Santri Cendekia diwajibkan untuk mengikuti minimal satu dan maksimal tiga kegiatan ektrakurikuler. Adapun di antara ekstrakulikuer yang dikembangkan di Cendekia adalah pramuka, PMR, bela diri (Noga), olah raga, cendekia insan teknologi, cendekia english debat, kaligrafi, jurnalistik pertukangan, menjahit, wirausaha, dan lain-lain.
Demikianlah JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK LOTIM yang semoga dapat memberikan tambahan informasi pada anda. Dan jika ada hal yang belum jelas silahkan tanyaka pada kami di komentar di bawah atau hubungi WA kami kami di CONTACT INI. 

0 Response to "JURUSAN DAN EKSTRAKURIKULER PONDOK CENDEKIA AIKLOMAK LOTIM"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel