Kegiatan Sekolah Dan Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim


https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/kegiatan-sekolah-dan-pondok.html


Kegiatan Sekolah Dan Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim

Kegiatan sekolah

https://rinjanischool.blogspot.com/2019/07/kegiatan-sekolah-dan-pondok.html

Seluruh santri Pondok Pesantren Cendekia DLM NW mengikuti pendidikan formal  pada sekolah/madrasah yang dikelola Pondok Pesantren Cendekia DLM NW. Pada tahun pelajaran 2016/2017 Pondok Pesantren Cendekia DLM NW telah mengelola 3 buah sekolah/madrasah formal, yakni SMP, SMK, dan Madrasah Aliyah. Kegiatan sekolah/madrasah formal ini mengikuti kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaandan Kementerian Agama.

Kegiatan Pondok

Kegiatan Sekolah Dan Pondok

Kebersihan Lingkungan

Stiap santri dan pengasuh /guru harus menjaga kebersihan lingkungan pondok pesantren. Setiap santri dan pengasuh /guru harus membuang sampah pada tempat. Bila tempat sampah belum ditemukan maka santri/pengasuh/guru yang kegiatannya menghasilkan sampah harus mengumpulkan sampah tersebut ditempat tertentu dan setelah acara selesai dibuang pada tempat sampah. Setap santri diberikan jadwal untuk membersihkan lingkungan pondok yang dikoordinator oleh pengasuh.

Sholat 5 Waktu Berjamaah

Seluruh santri diwajibkan untuk sholat 5 waktu berjamaah di bawah tangung jawab pengasuh. Santri dijadwalkan untuk memimpin wirid pada setiap kali sholat jamaah. Pada waktu shubuh dan magrib sebelum doa harus memnaca Asmaul Husna. Dan, sebelum doa pada sholat isya harus membaca doa pusaka Nahdlatul Wathan, “Robbanafaknabima...”.

Membaca Al-Qur’an

Seluruh santri diharuskan membaca Al-Qur’an mnimal antara sholat magrib dan isya dibawah bimbingan pengasuh.

Hiziban/Memnaca Al-Barzanji

Seluruh santri diharuskan untuk membaca Hizib Nahdlatul Wathan pada setiap malam Jumat dan Senin dan pada malam Jumat minggu ke-4 membaca Al-Barzanji. Santri digilirkan/dijadwalkan untuk menjadi pemimpin (mundak) dalam acara tersebut. Pada setiap malam Jumat setelah hiziban/barzanji para santri dijadwalkan untuk latihan pidato dengan acara formal. Pidato berbahsa Arab, Inggris, dan Indonesia. Pada acara latihan pidato ini santri secara bergiliran menjadi MC, qori’/qori’ah, memimpin membaca sholawat nahdlatain, berpidato 3 bahasa, memimpin doa. Salah satu rangkain acara ini pengarahan/tausyiah dari pengasuh. Kegiatan ini berbeda antara banin dan banat. Bainin di masjid dan banat di musholah (ruang kelas).

Membaca Wajib

Santri cendekia diwajibkan untuk membaca setelah sholat ashar di masjid atau di kopleks pondok, setelah sholat ashar sampai jam 17.30 Wita. Kegiatan memnaca ini ditiadakan bila ada kegiatan atau ada pelajaran khusus yang diatur oleh Koordinator Pengasuh atau Kepala Madasah Diniyah Takmiliyah Cendekia NW;

 Sholat Duha dan Sholat Malam

Seluruh santri Cendekia diharuskan untuk melaksanakan sholat duha sebelum mulai pelajaran pertama sekolah/madrasah formal dan sholat malam pada jam 03.30 Wita dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an dan menyetor hapalan sesuai dengan jurusan pondok yang dipilih, yakni tahfiz dan kitab. Bagi yang mengambil jurusan tahfiz akan menyetor hapalan Al-Qur’annya kepada pengasuh dan bagi yang mengambil jurusan kitab akan menyetor hapalan nahwu sharafnya kepada pengasuh.

Mengikuti Lomba-Lomba

Santri yang berbakat pada bidang tertentu dibimbing dengan maksimal oleh pengasuh/dewan guru untuk mengikuti perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan berbagai pihak, pemerintah dan  institusi lainnnya.

MemperingatiHari-Hari Besar

Pondok Pesantren Cendekia aktif mengikuti kegiatan-keegiatan peringatan hari besar Islam, hari besar Nasional, dan hari besar organisasi Nahdlatul Wathan dan berpartisipasi juga pada peringatan hari-hari besar organisasi lain/pondok pesantren lain.
Baca Juga : PERINGATAN HARI BESAR DAN ADZIKROL MAULIDIYAH CENDEKIA AIKLOMAK

Demikianlah artikel Kegiatan Sekolah Dan Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim yang semoga dapat memberikan anda informasi tentang cendekia aiklomak. Sekian sukron dan wassalam

0 Response to "Kegiatan Sekolah Dan Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Aikmel Lotim"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel