PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak


PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

PPS Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak Praktik Pengabdian Santri (PPS) salah satu desain kurikulum Pondok Pesantren Cendekia DLM NW untuk melatih santri melaksanakan pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Dalam PPS ini santri banin (laki-laki) di kirim ke masjid-masjid untuk melaksanakan tugas-tugas yang diemban oleh marbot masjid. Program PPS ini dibawah bimbingan pengasuh/ustad/guru. 
PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak


Bila di perguruan tinggi seperti KKN atau PPL. PPS ini diprogramkan pada saat santri berada pada kelas 2 tiap jenjang lembaga pendidikan formal yang ada di Cendekia. Program ini dilaksanakan selama 20 hari dalam bulan Ramadhan yang dimulai pada malam tanggal 05 Ramadhan sampai dengan malam tanggal 25 Ramadhan. Tiap masjid dilepas antara 3 – 4 orang santri dibawah bimbingan seorang pengasuh/guru.Pada pagi hari tanggal 25 Ramadhan santri peserta PPS telah kembali ke pondok dan pada sore hari mengikuti peringtan nuzul qur’an/lalaitul ijtimak di pondok.

Adapun program utama peserta PPS adalah menyemarkan bulan suci Ramadahan melalui kegiatan di masjid dan di tengah-tengah masyarakat, dengan rincian program PPS sebagai berikut :

Membersihkan masjid

Peserta PPS melaksanakan tugas-tugas marbot masjid. Untuk itu peserta PPS harus memastikan masjid dan lingkungannya dalam keadaan bersih. Untuk mendukung kegiatan ini peserta PPS akan dibekali dengan alat pemberih (sapu). Peserta PPS dapat juga menata lingkungan masjid dengan membuat taman bersama masyarakat sekitar. Untuk mewujudkan taman tersebut peserta PPS harus bermusyawarah dengan tokoh-tokoh masyarat/kepala dusun bersama pembimbing/pengasuh.

Melaksanakan Sholat 5 Waktu Berjamaah

Peserta PPS harus mengajak masyarakat untuk melaksanakan sholat berjamaah setiap kali waktu sholat wajib tiba pada awal waktu. Untuk memastikan waktu sholat tersebut, bila dana mencukupi  peserta PPS akan diberikan sebuah radio. Dari Radioa tersebut (RDL) akan dimonitor waktu sholat/waktu berbuka dan waktu imsya’. Setelah PPS selesai radio tersebut ditiggal menjadi milik masjid. Dalm sholat jamaah ini peserta PPS harus mengumandangkan azan, membaca kalimah-kalimah taobah antara azan dan sholat, siap menjadi imam bila imam tidak datang, dan melaksanakan wirid setelah sholat.

Melaksanakan Diniyah

Setelah sholat ashar sampai tiba waktu berbuka, peserta PPS harus dapat melaksanakan pembelajarn Al-Qur’an dan mengajar berwuduk dan bacaan/praktik sholat kepada anak-anak TK/SD yang ada dilokasi PPS. Peserta PPS harus mengajak mereka/datang ke rumahnya. Berapa pun jumlahnya yang mau diajak maka itulah yang harus diajarkan diniyah.

Mengadakan Kursus Bahasa Inggris/Arab

  • Peserta PPS diharapkan dapat melaksanakan kursus/pembelajaran bahasa Arab/Inggris kepada anak-anak SD yang ada di lokasi PPS. Pembelajaran ini diharapkan dilaksanakan setelah sholat ashar.
  • Melaksanakan Tanddarusan Al-Qur’an
  • Peserta PPS harus dapat melaksanakan tadarrusan Al-Qur’an di masjid setelah sholat tarawih bersama masyarakat. Tadarrusan ini diharapkan dapat dilaksanakan sampai dengan tiba waktu shahur.
  • Melaksanakan Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan
  • lainnyaKegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya seperti ada zikiran, takziah, gotong royong, dan lain-lain.
Baca Juga : Fasilitas dan Prestasi Pondok Pesantren Cendekia

UJIAN Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

Santri Pontren Cendekia DLM NW mengikuti pendidikan formal mengikuti ujian semester dan ujian sekolah/nasional sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Seluruh santri Cendekia wajib mengikuti ujian semester pondok/ujian madrasah diniyah takmiliyah wustho. Setelah selesai ujian semester pondok/madrasah diniyah diberikan raport pondok/diniyah. Untuk itu, santri Cendekia mendapatkan 2 raport, yakni raport sekolah formal dan raport pondok/madrasah diniyah. Di akhir tingkatan satu sekolah formal maka santri Cendekia akan mengikuti ujin nasional untuk sekolah formal dan ujian akhir pondok/madrasah diniyah. Santri yang lulus ujian akhir pondok/madrasah diniyah akan diberikan ijazah pondok dan ijazah madrasah diniyah. Untuk itu bagi santri cendekia yang lulus nasional sekolah formal dan ujian akhir pondok/diniyah akan mendapat ijazah 3 buah, yakni ijazah sekolah/madrasah formal, ijazah madrasah diniyah, dan ijazah pondok.

WISUDA Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

Santri yang telah dapat meyelesaikan satu jenjang pendidikan formal di Cendekia akan mengikuti tasyakkuran penamatan (wisuda). Pelaksanaan tasyakkuran ini didesain seperti wisuda di kampus perguruan tinggi. Saat ini santri yang tamat langsung diberikan ijazah pondok dan ijazah madrasah diniyah. Alhamdulillah wisuda/penamatan angkatan perdana telah dilaksanakan pada hari Ahad, 17 Sya’ban 1438 H./14 Mei 2017 M. dengan menamatkan 25 orang untuk santri SMK dan 11 orang untuk santri SMP. Untuk itu, alumni/mutakharrijin angkatan perdana Pontren Cendekia DLM NW sebanyak 36 orang.

ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak

Untuk mewadahi alumni Pontren Cendekia DLM NW maka telah dibentuk organisasi alumni dengan nama Keluarga Mutakharrijin Cendekia Islamic Boarding School yang disingkat menjadi KAMI-CIBS. Organisasi alumni ini akan mengkoordinir kegiatan-kegiatan alumni untuk ikut serta mengembangkan pondok. Minimal saat Adzikrol Maulidiyah para alumni/mutakharrijin dapat hadir. Pada saat wisuda perdana Pengurus KAMI-CIBS angkatan perdana dilantik dengan masa kepengurusan 2 (dua) tahun. Para alumni ini diberikan jaket alumni dan kartu anggota alumni.

0 Response to "PPS, WISUDA, DAN ALUMNI Pondok Pesantren Cendekia Aiklomak"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel