Kumpulan Contoh Kalimat Conditional Sentences Type 1 2 3


Kumpulan Contoh kalimat Conditional Sentences type 1 2 3

Pelajaran Conditional Sentences dalam bahasa Inggris memang menjadi bagian yang harus dikuasai setiap pelajar pemula.

Conditional Sentences memiliki banyak type dan faktanya seperti type 0,1,2 3 dengan pola kalimat if clause dalam contoh Conditional Sentences semua type.

Nah, Pada artikel ini admin akan membagikan Contoh Conditional Sentences secara lengkap mulai dari pola kalimat atau rumus Conditional Sentences type 0 1 2 dan 3 yang kami rangkum dari buku Grammar Betty Azhar dan berbagai sumber.

Pengetian Conditional Sentences

Conditional Sentences merupakan kalimat yang bermakna situasi yang mungkin terjadi, tak mungkin terjadi atau tak pernah terjadi, dengan struktur kalimat mint clause dan subbordinat clause yang terdiri dari kata if.

Perbedaan antara main clause dan sub-main clause adalah main clause bisa berdiri sendiri da kalusa bawahan tak bisa beridiri sendiri.

Contoh kalimat Conditional Sentences dalam bahasa Inggris

  • If I meet Rodi, I shall tell Amdi the Truth.
I shall tell Amdi the truth" meruapakan kalimat utama yang bisa dan memiliki makna meski tanpa kaliamt If clause. sedangkan kaimat " If I were  Rodi" adalah kaimat yang membuthkan penjelasan setelahnya dan tentu tak dapat berisi sendiri karena tak ada Complementnya.

1. Conditional Sentences type 1

Conditional Sentences adalah sesuatu yang kemungkinan terjadi pada saat ini

1.A. Rumus Kalimat Conditional Sentences dalam bahasa Inggris

If + Subject + verb ( simple present tense ) + Subject + will/ shall + verb (simple future tense)
If + Subject + be +  adjective  + Subject + will/ shall + be + adjective.

1.B. Contoh Kalimat Conditional Sentences beserta artinya

  •  If you have money, you will buy new car for my uncle
  • Jika anda memiliki uang, anda akan membelikan mobil baru untuk paman saya
  •  If Rodiman study hard, he will get good score for the tests.
  • Jika Rodiman belajar keras, dia akan mendapat nilai bagus untuk ujian itu
  •  If they pass the exam, my Uncle will buy for them a house
  • Jika mereka lulus ujian, peman saya akan membelikan mereka sebuah rumah
  •  If the you arrive at time, Mr. Zhafran will not come late.
  • Jika anda datang tepat waktu, Pak Zhafran tidak akan datang terlambat
  • If the conditioan is healthy, I will go to the mount
  • Jika keadaan sehat, saya akan pergi ke gunung
  • If Marhum has money, he will pay my debt.
  • Jika Marhum punya uang, ia akan membayar hutang saya
  • If I find Rodi’s adress, I will drop in her house
  • Jika saya menemukan alamat rumah Rodi, saya akan mampir dirumahnya
  • If Jmet cannot find Ayu, He will give them a call.
  • Jika Jmet tidak bisa menemukan Ayu, ia akan menelepon mereka
  • If the housekeeper not clean the house, father will get angry
  • Jika pembantu itu tidak membersihkan rumah, ayah akan marah
  •  If mother do not cook, we will go out to eat.
  • Jika ibu tidak memasak, kami akan pergi keluar makan
  • If Linda get a salary increase, she will give some for orphan
  • Jika Linda mendapatkan kenaikan gaji, ia akan memberikan sebagian untuk anak yatim
  • If Ayu, cannot find Ruby, she will contact her.
  • Jika Ayu, tidak menemukan Ruby, dia akan menghubunginya.
  • If I eat too much sweats, I will get sick.
  • Jika saya makan terlalu banyak manisan, berat badan saya akan sakit
  • If I fight with my friends, my teacher will angry to me.
  • Jika saya bertengkar dengan teman saya, Guru saya akan marah padaku
  • If Ayu, dates Rodi, he will regret.
  • Jika Ayu, mengencani Rodi, ia akan menyesal.
  • No one will notice if you do not wear underwear.
  • Tidak ada yang akan memperhatikannya jika kamu tidak memakai celana dalam
  • If father get a money, he will bring us to holiday
  • Jika ayah mendapatkan uang, ia akan membawa kami sekeluarga berlibur
  • Mom will kill dad if he dishonest.
  • Ibu akan membunuh ayah jika ia selingkuh
  • I will be upset if you not call her
  • Aku akan merasa kecewa jika kamu tidak menelepon dia.
  • Do not bother to call her if you are busy work.
  • Jangan repot-repot menelepon dia jika kamu sibuk bekerja
  • If you have enough time, I and you will finish this job.
  • Jika anda memiliki cukup waktu, saya dan anda akan menyelesaikan pekerjaan ini.
  • If I get sick, I will go to the hospital
  • Jika saya merasa sakit, saya akan pergi ke rumah sakit
  • If you tell him the truth, I will feel mad.
  • Kamu mengatakan yang sebenarnya kepadanya, saya akan marah.
  • Nina will join you to watch movie if she have time.
  • Nina akan bergabung denganmu untuk menonton film jika ia mempunyai waktu.
  • If you gives me presents, I will be happy.
  • Jika anda memberikan saya hadiah, saya akan gembira
  • If you refuse to leave, he will call the police
  • Jika kamu menolak untuk pergi, dia akan menelepon polisi.
  • My brother will cry if you hit him.
  • Adikku akan menangis jika kamu memukulnya.
  • My dog will bite you if you enter my home without say hello
  • Anjingku akan menggigitmu jika kamu masuk ke rumahku tanpa salam
  • If you are a real gentlemen, you will say sorry to ayu.
  • Jika kamu adalah seorang pria, kamu akan meminta maaf kepada Ayu.
  • Nobody will care if you do not have any make-up on party.
  • Tidak ada yang akan peduli jika kamu tidak memakai riasan pada acara pesta
  • If viru Korona not come, My fasting will be run well
  • Jika virus korona tidak datang, maka puasa saya akan berjalan lancar
  • I will go to month, If virus Korona always exist
  • Saya akan pergi kebulan jika virus Korona selalu ada
  • If you handsome, Many girl will like you
  • Jika kau ganteng maka akan banya wanita menyukaimu

Kesimpulan dari Conditional Sentense type 1 ini mengunakan Clause if yang diletakkan pada awal kalimat atau di tenggahnya, yang digunakan untuk menyatakan kemunkinan yang bisa terjadi jika suatu kejadian dlakukan.

2. Conditional Sentense type 2

Conditional Sentences Tipe 2 – merupakan jenis kalimat ini menunjukkan keadaan yang tidak mungkin terjadi sekarang karena faktanya tidak berjalan seperti yang diharapkan.

2.A. Rumus Kalimat Conditional Sentences Type 2

If + Subject + verb (simple past tense) + Subject + would/ could/ might + verb (past future tense)

Note 1: Jika “clause if” diletakkan di depan kalimat, maka Anda perlu memasukkan koma “,” sebagai penghubung antara klausa dan main clause, tetapi jika klausa diberikan setelah main clause, Anda Bisa menghilangkan koma.

Note 2: Dalam jenis kalimat ini, Anda harus ingat bahwa “was” tidak akan pernah digunakan, dan akibatnya Anda hanya bisa menggunakan bentuk past yaitu “were”.

Note 3: Dalam jenis kalimat ini, Anda juga harus ingat bahwa “should” tidak akan pernah digunakan dan sebaliknya Anda perlu menggunakan kata “would”.

2.B. Contoh Kalimat Conditional Sentences Type 2 dalam bahasa Inggris

  • If Maria did not come, you would go to find her.
  • Jika Maria tidak datang, kamu harus mencarinya.
  • If the admission fee were cheap, we could get in.
  • Jika tiket masuknya murah, kita bisa masuk ke dalam.
  • If I won the competition, Maria would be envious of me.
  • Jika saya memenangkan kompetisi itu, Maria akan merasa iri terhadapku
  • If I were you, I would slap Zhafran
  • Jika saya adalah kamu, saya akan menampar Zhafran.
  • If I were a plant, I would love the fertilizer
  • Jika saya adalah tanaman, saya akan mencintai pupuk.
  • He might come to your house if you prepared food.
  • Dia akan datang ke rumahmu jika kamu menyiapkan makanan.
  • They would go there if you allowed her.
  • Mereka akan pergi ke sana jika kamu mengizinkannya.
  • If we were late, we could not enter the room.
  • Jika kita terlambat, kita tidak bisa masuk ruangan
  • If I found her, I would give her a slap
  • Jika saya menemukannya, saya akan memberikannya tamparan
  • If I had a car, I would travel around the Indonesia
  • Jika saya memiliki sebuah pesawat, saya akan keliling indonesia
  • If you put them in the same room, they might be fight.
  • Jika kamu meletakkan mereka di ruang yang sama, mereka akan bertengkar.
  • If she studied well, she scores would increase.
  • Jika dia belajar lebih baik, nilai-nilai dia akan meningkat.
  • If Rodi had money, he would pay his debt.
  • Jika Rodi memiliki uang, ia akan membayar utang-utangnya.
  • I would send her a flower bouquet if she invited me to her birthday.
  • Saya akan mengirimkan sebuah buket bunga jika ia mengundang saya ke pesta ulangtahunnya.
  • If you went to bed earlier, you could not watch the news.
  • Jika kamu tidur lebih awal, kamu tidak bisa menonton berita itu.
  • You would visit her if she asks you to.
  • Kamu harus mengunjunginya jika ia menyuruhmu.
  • Rodi would be angry if you forgot your wedding anniversary date.
  • Rodi akan marah jika kamu melupakan hari ulangtahun pernikahanmu.
  • If Rodi invited Nelly, he would come.
  • Jika Sheila mengundang Nelly, ia akan datang.
  • If Hamdi proposed Lina, she would be happy.
  • Jika Hamdi meminang Lina, ia akan bahagia.
  • Joy might be sad if you angry to her.
  • Joy akan merasa sedih jika kamu memarahinya.
  • If I were clever, they would accept you at college.
  • Jika saya pintar, mereka akan menerima di kampus
  • If I had enough money, I would buy that plane
  • Jika saya memiliki cukup uang, saya akan membeli kapal itu.
  • If he respect me, I would respect him back.
  • Jika ia menghargai saya, saya akan menghargainya juga.
  • If you really cared about your girlfriend, you would not leave him alone.
  • Jika kamu benar-benar perhatian dengan pacaramu, kamu tidak akan meninggalkannya sendirian.
  • I would buy her presents if today was her birthday.
  • Saya akan membelikannya hadiah jika hari ini adalah hari ulang tahunnya.
  • Hamdi might cry if she heard about the news.
  • Hamdi bakal menangis jika ia mendengar tentang berita itu.
  • I would watch Noah concert if he came to my country.
  • Saya akan menonton konser Noah jika ia datang ke negaraku.
  • Mom would not angry you if you good behaved.
  • Ibu tidak akan memarahimu jika kamu berkelakuan baik.
  • I might hate you if you dated my girl
  • Saya bakal membencimu jika kamu mengencani wanitaku.
  • Hamdi could meet his mom if he arrived earlier.
  • Hamdi bisa menemui ibunya jika ia datang lebih awal.

Kesimpulannya, conditional sentences tipe 2 berisi tentang dua peristiwa, Satu kejadian sudah terjadi di masa lampau dan satu kejadian lainnya adalah kemungkinan lain yang akan terjadi di masa kini.

3. Conditional Sentences Type 3

Conditional Sentences Type 3 adalah Untuk menunjukkan keadaan yang tidak akan pernah terjadi karena sudah lewat, seseorang harus menggunakan tipe kalimat kondisional 3. Orang sering menunjukkan penyesalannya tentang peristiwa yang tidak berubah yang terjadi di masa lalu dan tidak sesuai kehendak mereka.

3.A. Rumus Kalimat Conditional Sentences Type 3

If + Subject + had + verb (past perfect tense) + Subject +  would + have + verb (past future perfect tense)

Note 1: Jika “clause if” diletakkan di depan kalimat, maka kita perlu memasukkan koma “,” sebagai penghubung antara klausa dan klausa utama, tetapi jika klausa diberikan setelah klausul utama, kita Bisa menghilangkan koma.

Note 2: Dalam jenis kalimat ini, kita harus ingat bahwa “should” tidak akan pernah digunakan dan kita perlu menggunakan “would”.

3.B. Contoh Kalimat Conditional Sentences 3 dalam bahasa Inggris Beserta Artinya

  • If you had eaten your lunch, you would not have felt hungry.
  • Jika kamu sudah makan malam, kamu tidak akan merasa lapar.
  • If I got arrived earlier, I is not angry teacher.
  • Jika saya sampai lebih awal, saya tidak akan dimarahi guru.
  • I would have help you if I had finished my work first.
  • Saya akan membantumu jika saya menyelesaikan pekerjaan saya lebih awal.
  • I would not buy a new one if my old gadget still normal.
  • Saya tidak akan membeli yang baru jika gadget lamaku masih normal.
  • If I had had your phone number, I would have come to your house.
  • Jika saya memiliki nomor teleponmu, saya akan datang kerumahmu.
  • If I had known about that news, I would have told him.
  • Jika saya tahu tentang kabar itu, saya akan memberitahukannya kepadn dia.
  • My younger would have not been in the hospital if she had had a good concentration in the long-jump competition.
  • Adik perempuanku tidak akan berada di rumah sakit jika ia berkonsentrasi tinggi dalam kompetisi lompat jauh itu.
  • My sister would have not been annoyed if I had not eaten his cookies.
  • Adik perempuanku tidak akan merasa sangat sebal jika saya tidak makan biskuitnya.
  • If I had waited for you a little bit longer, I would have been able to meet you.
  • Jika saya menunggumu sedikit lebih lama, saya akan bisa bertemu kamu.
  • They would have not lost the competition if they had recruited Ronaldo
  • Mereka tidak akan kalah dalam pertandingan itu jika mereka merekrut Ronaldo
  • Father would have not lost his money if he had locked the door.
  • Ayah tidak akan kehilangan uangnya jika ia mengunci pintu.
  • Riana would not get robbed if she had walked with me.
  • Riana tidak akan dicopet jika ia berjalan pulang dengaku.
  • My friend would have not felt asleep in the class if he had had enough take rest.
  • Temanku tidak akan ketiduran di kelas jika ia cukup istirahat.
  • She would have not missed the class if she had studied hard before.
  • Dia tidak akan ketinggalan kelas jika ia belajar giat sebelumnya.
  • I would have waited for you if you had called me.
  • Saya akan menunggumu jika kamu menelpon saya.
  • I would have told Rodi the truth if she had met me.
  • Saya akan mengatakan kebenaran kepada Rodi jika ia bertemu saya.
  • My uncle would have been here if he had gone by car.
  • Pamanku akan berada di sini jika ia menggunakan mobil.
  • My mother would have cooked in the kitchen if there had been gas.
  • Ibuku akan memasak di dapur jika ada gas
  • If I had had courage, I would have confessed my love to her.
  • Jika saya memiliki keberanian, saya akan menyatakan cintaku pada dia
  • If I had known how to swim, I would have chase you.
  • Jika saya tahu cara berenang, saya akan mengejarmu.
  • If Hamdi had known the reason, she would have told me.
  • Jika Hamdi mengetahui alasannya, ia akan memberitahukan saya.
  • If mother had taken good care of grandma, she would have lived a little bit longer.
  • Jika ibu menjaga nenek dengan baik, ia akan hidup lebih lama.
  • I would have scolded my sister if he had spend much money
  • Saya akan memarahi adikku bila ia mengahabiskan banyak uang.
  • If you had been here earlier, you could have gotten the first chair
  • Jika kamu datang lebih awal, kamu bisa mendapatkan kursi pertama.
  • If you had been lucky, you could have gotten a free ticket to USE.
  • Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan tiket gratis ke Amerika.
  • If my business had been crowded, I would have treated you.
  • Jika usaha saya ramai, saya akan menjadi seorang entraktir anda.
  • If I had followed my mother’s advice, I would have not like this.
  • Jika saya mengikuti nasihat ibu, saya tidak akan begini.
  • If my grandma had known the secret, she would have been killed me.
  • Jika nenek saya mengetahui rahasia itu, ia akan membunuh saya.
  • I would have repeated the class if I had not passed the exam.
  • Saya akan mengulang kelas jika tidak lulus ujian.
  • If I had won the Game, I would have bought a new Car
  • Jika saya memenangkan lotere, saya akan membeli sebuah Mobil baru.

Demikianlah Kumpulan Contoh kalimat Conditional Sentences type 1 2 3 dalam bahasa Inggris yang semoga dapar bermanfaat bagi para pembaca dan penulis tentunya.Jika anda ingin lebih dalam mempelajari perbedaan antara conditional sentences type 1 2 dan 3 silahkan unduh gratis Buku Grammar Betty Azhar ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Kumpulan Contoh Kalimat Conditional Sentences Type 1 2 3"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel