Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya


Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya

Berbicara virus korona menjadi bahan yang paling trending di tahun 2020 ini, mulai dari segi ekonomi, kesehatan higga kebutuhan politik bermuculan denga mengatasnamakan label Korona.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan contoh percakapan bahasa Inggris tentang Korona dan artinya yang terkadang dibutuhkan oleh siswa dalam pembelajaran daring online.

Dialog dua orang dalam bahasa Inggris harus dibuat oleh siswa ketika di minta untuk mengerjakan tugas sekolah dan dikumpulkan secara online.

Baiklah rekan rekan RS (rinjanischool) berikut contoh percakapan tentang virus korona dalam bahasa Inggris.

1. Contoh Percakapan Virus Korona dalam Bahasa Inggris

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya

Penyiar : Today, we are so lucky to have a very special guest with us who will enlighten us about current outbreak we are facing at this very moment. So, without wasting any more seconds, please welcome Mr. Marhum. and How are you?
Hari ini, kita sangat beruntung dengan adanya seorang tamu special bersama kita yang akan memberi penerangan pada kita tentang wabah yang saat ini tengah kita hadapi. Tanpa membuang lebih banyak waktu, mari kita sambut Bpk. Marhum, bagaimana kabarnya Pak.

Doctor : Alhamdulillah I’m Fine, thank you.
Alhamdulillah, baik-baik saja

Penyiar : So, Mr Marhum, you are a Virologist, can you tell us, what is the virologist?
Pak Marhum, anda adalah seorang Virolog, bisakah anda ceritakan pada kami, apa sebenarnya virology itu?

Doctor : Yes, that’s absolutely right. So, umm, a virologist is someone who studies viruses and anything related to it. So, it includes the origin of the virus, the history, and also the possible use of it.
Ya, benar sekali. Jadi begini, seorang virology adalah orang yang mempelajari virus dan hal-hal yang berhubungan dengan itu. Jadi termasuk juga asal muasal virus, sejarah nya, dan juga kemungkinan penggunaannya

Penyiar : Well that sounds very dangerous, is it?
Wah, kedengarannya berbahaya ya pak, apa benar?

Doctor : Well, anything can be dangerous, right? Driving car can be dangerous; cooking can be dangerous, even walking at the street can also be dangerous. The point isn’t about the danger, but it is about the treatment. It is about the way to deal with it. Besides, when you love something, you are going to do it anyway even when you already know that it is actually dangerous.
ah, semua hal Dapat saja berbahaya, benar kan? Menyetir Dapat berbahaya, memasak Dapat berbahaya, bahkan berjalan di tepi jalan saja Dapat juga berbahaya. Intinya bukanlah tentang bahayanya, tapi tentang perlakuannya. Yang penting itu tentang cara menyikapinya. Selain itu, saat kita menyukai sesuatu, kita akan tetap melakukannya bahkan ketika kita tau bahwa hal itu sebenarnya berbahaya.

Penyiar : Absolutely right. I couldn’t agree more. Now, let’s talk about the current situation in the world. As we know that the world is being terrorized by a pandemic known as COVID-19. Can you tell us anything about it?
Tepat sekali. Aku sangat setuju dengan bapak. Nah, sekarang kita akan membahas tentang situasi di dunia saat ini. Seperti yang kita tau bahwa dunia sedang diteror oleh sebuah wabah yang dikenal dengan COVID-19. Apa yang ingin bapak sampaikan tentang hal itu?

Doctor : Well, yes. The term “Coronavirus” is actually a group of viruses. Some of them can only infect animal and the rest can only infect human. It means that, no Coronavirus can attack both human and animals, their target is specific.
Baiklah. Istilah “virus Corona” sebenarnya merupakan kelompok virus. Sebagian dari virus ini hanya Dapat menyerang hewan dan sisa nya hanya Dapat menyerang manusia. Ini berarti, tidak ada virus Corona yang mampu menyerang keduanya, target mereka itu spesifik.

Penyiar : I see, so the idea that this current outbreak was started from bats is completely wrong, am I right?
Oh begitu, kalau begitu anggapan bahwa wabah ini dimulai dari kelelawar itu sepenuhnya salah ya pak?

Doctor : Exactly. The virus that we are fighting with at this moment is specifically for human and the name COVID-19 is actually derived from “Coronavirus Disease 2020”, because it was first appeared at the end of 2020.
Tepat sekali. Virus yang sedang kita perangi saat ini adalah khusus untuk manusia dan nama COVID-19 itu sebenarnya berasal dari “Coronavirus Disease 2019”, karena ia pertama kali muncul di akhir tahun 2019.

Penyiar : Now that truly put things in light! So, how dangerous is this COVID-19?
Nah, sekarang semuanya mulai jelas! Lalu, seberapa bahaya COVID-19 ini pak?

Doctor : This virus affect differently toward different people. Some might not show any symptoms which make it harder to detect but some others might be so severe that it leads to death. This is just how dangerous it is and how important it is for us to protect ourselves from it.
Virus ini memberikan pengaruh berbeda terhadap orang yang berbeda. Beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala apapun yang malah membuatnya lebih sulit untuk dideteksi namun sebagian orang yang lain Dapat saja begitu parah hingga berujung pada kematian. Inilah seberapa bahayanya virus ini dan betapa pentingnya bagi kita untuk melindungi diri darinya.

Penyiar : Yes, I am totally with you, because as we all can see that this virus has crippled some countries and it doesn’t seems like it is about to end any time soon. So, tell me, how can we tell that someone has COVID-19 in his/her body?
Aku sangat setuju dengan anda, karena seperti yang kita semua Dapat lihat bahwa virus ini sudah melumpuhkan beberapa negara dan virus ini sepertinya belum akan berakhir dalam waktu dekat. Lalu bagaimana kita Dapat mengetahui bahwa seseorang sudah memiliki COVID-19 dalam tubuhnya?

Doctor : Well, to tell whether or not you have this virus inside you by yourself is likely impossible, because we need to run some lab-test on samples we collected from the subject. But, as initial steps of self examination, we can pay attention to some symptoms like cough, sneeze, fever, sore throat and of course respiratory  problem, because this virus basically cause trouble in our respiratory system.
Untuk menentukan sendiri apakah anda memiliki virus ini dalam tubuh anda sepertinya tidak mungkin, karena kami harus melakukan serangkaian tes pada sampel yang kami ambil dari subjek. Namun sebagai langkah awal dalam pemeriksaan mandiri, kita Dapat memperhatikan beberapa gejala seperti batuk, bersin, demam, sakit tenggorokan dan tentunya masalah pernapasan, karena virus ini pada dasarnya menyebabkan masalah pada sistem pernapasan kita.

Penyiar : Alright, I believe we all learn so many things today with you Sir. Now, final question, How do we protect ourselves from this virus?
Baik, aku yakin kita semua belajar banyak hal dari anda hari ini pak. Sekarang, pertanyaan terakhir, bagaimana cara kita melindungi diri dari virus ini?

Doctor : Well, it’s quite simple actually, because our government and all government in the world has issued procedure to prevent the spread of this Coronavirus. So, first, we all need to stay at home for as long as we can in order to avoid contact to stranger who might have this virus. Second, put on mask every time we want to leave our house and third wash your hands as often as possible.
Sebenarnya cukup sederhana, karena pemerintah kita dan semua pemerintah di dunia sudah mengeluarkan prosedur pencegahan penyebaran virus Corona ini. Jadi, yang pertama, kita semua harus tetap berada di rumah selama yang kita Dapat sebagai langkah untuk menghindari kontak dengan orang asing yang mungkin membawa virus ini. Kedua, gunakan masker setiap saat kita ingin meninggalkan rumah kita dan ketiga cuci tangan sesering mungkin.

Penyiar : Great! I believe this should answer all our worries all this time. Thank you so much Mr Kartoaji for your time and explanation, I personally feel that you just gave me so many insight about our current situation.
Luar biasa! Aku yakin ini sudah menjawab rasa kekhawatiran kita selama ini ya. Terimakasih banyak Bpk Kartoaji atas waktu dan penjelasan yang bapak berikan, aku pribadi merasa bahwa bapak telah memberi begitu banyak wawasan tentang kondisi kita saat ini.

Doctor : You are welcome Zhafran.
Sama-sama Zhafran

Penyiar : That is the end of our Breaking news, I’m Rizal Zhafran, and have a great day.
Inilah akhir Breaking News kita, aku Zhafran , semoga hari anda menyenangkan.

2. Contoh Percakapan bahasa Inggris tentang Virus Korona

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya

Ayu: Good morning everyone
            Selamat pagi semuanya
Nita and Diana: Good morning
            Selamat pagi
Diana: Wow, you came early this morning
            Wah, kamu datang pagi sekali
Nita: haha, Yes, that’s true. I think we should celebrate haha
            Iya, betul sekali. Sepertinya kita harus merayakan ini haha
Ayu: Stop it, I got lucky this morning. The road was very clear this morning. That’s why my husband and I got here in time.
            Sudah-sudah, saya lagi beruntung pagi ini. Jalanan sangat sepi pagi ini. Itulah sebabnya saya dan suami saya bisa datang tepat waktu
Diana: Yeah, I notice that too. I think it’s the result of WFH (Work from Home) policy.
            Iya, saya juga memperhatikan itu. Saya rasa ini adalah dampak dari kebijakan WFH.
Nita: I think it is. I mean, we all know how crowded it was to get here, right?
            Saya rasa begitu. Kita semua tau kan betapa ramai biasanya jalanan menuju ke sini?
Ayu: Whatever, The point is I get here on time, haha
            Masa bodo, yang penting saya datang tepat waktu, haha
Nita: Well, good for you
            Yah, bagus dah
Diana: Yeah, that’s probably a good thing for us, but don’t you think it’s even better if our office follow the WFH policy too? I mean we don’t even have to worry about getting here.
             Iya, itu mungkin hal yang baik bagi kita, tapi bukankah akan lebih baik bagi kita jika kantor kita juga mengikuti kebijakan WFH? Kita bahkan tidak perlu berangkat ke sini.
Ayu: Yeah, yeah, yeah, I agree with you. That would be really nice if we get that WFH vacation too haha, because I get to spend more time with my son at home
            Iya, iya, iya, saya setuju sama kamu. Pasti menyenangkan sekali jika kita juga mendapatkan liburan WFH itu juga haha, karena saya bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak saya di rumah
Diana: I know, right? That’s what I mean. I have an idea, what if we ask Mr. Marhum about it?
            Iya kan? Itu maksud saya. Saya puny aide, bagaimana kalau kita menanyakan pada pak Marhum tentang hal ini?
Nita: Come on guys, it’s impossible. We are sales department. We are supposed to meet the client directly, right here in our office. Our job isn’t something we can do from home. Asking for WHF would be like asking to end your job.
            Ayolah kawan-kawan, itu tidak mungkin. Kita ini departemen penjualan. Kita tugasnya untuk menemu klien secara langsung, di sini di kantor kita. Pekerjaan kita ini bukan sesuatu yang bisa dijalankan dari rumah. Minta kebijakan WFH itu sama saja dengan minta mengakhiri Pekerjaanmu
Ayu: Hmm, yeah you are right hehe, I just daydreaming.
            Hmm, iya kamu benar hehe, saya cuma melamun kok
Diana: Haha that’s right, let’s just get back to work.
haha bener banget, yuk balik kerja lagi.

3. Contoh Percakapan Dokter dengan Pasien Tentang Penyakit Korona dalam Bahasa Inggris

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya

(Doctor’s  Conversations With Patients)
Patients: Assalaamualaikum wr wb
Doctor’s: Waalaikumhssalam wr wb
Patients: Good morning Doctor
                   Selamat pagi dokter
Doctr’s: Good morning, to...is there anything l can help you...!
                Selamat pagi juga.Apa ada yang bisa saya bantu!
Patients: Dokter, please check my condition. because my throat hurts and has a high fever.
                  Dokter,tolong periksa kondisi Saya,karna tenggorokan saya Sakit dan demam tinggi.
Docter’s: Please came to the examination room
                 Silahkan ikut ke ruang Pemeriksaan
Patient’s: Ok...
                 “sautnya while weak” Baiklah”sautnya sambil lemas”
Doctor’s: Sorry.. l not want to tell mom
              Maaf,saya tidak enak untuk Memberi tau ibu.
Patient’s: just tell me Docter. what is my illness “He said while weak”
                 Beri tau aja saya Dokter.Apa Penyakjt saya... “Ucapnya sambil lemas”
Docter’s: Affected by corona or covid 19..so the mother must stay at the hospital to be treated, because the Corona Virus is spreading quickly.
              Ibu terkena penyakit corona Atau covid 19...jadi ibu Harus nginao di Rumah sakit
           Supaya anak² ibu tidak ketularan Virus Corona,karna Virus Corona Ini mudah meyebar.
Patient’s: It’s ok,Docter.Docter ho to make this this Virus quickly disappear?
                Baiklah Dokter.Dokter gimana  caranya supaya Virus ini cepeat  menghilang?
Docter’s: Diligently washing hands, keeping hand with face and dringking wather hot  verify etc.
                Rajin cuci tagan,jauhkan tagan degan wajah,dan rajin minum air hagat setiap hari dll..
Patient’s: Ooooo.Thanks for the igredients.
                Terimakasih saranya Dokter.
Docter’s: You are welcome.
                Sama².
Penulis :
Nama  : Siti Saudatunnisak
Kls        : XI (TB)

Mapel  : Bhs. Inggris (Dialong Virus Corona)


4. Percakapan Bahasa Inggris Antara Pengacara Tomy Dengan Dr Sukiyah Tentang Virus Corona

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya

Tomy lawyer      : Good Afternoon, Dr Sukiyah
    : Selamat sore dr sukiyah
Dr sukiyah           : Afternoon
                            : Sore
Tomy lawyer      :  Do you know about this Corona virus..?
   : Apakah anda tau tentang virus Corona..?
Dr sukiyah       : Yes of course,this virus is very troubling many countries even have reached the world
   : YA tentu,virus ini sangat meresahkan banyak negara.bahkan sudah mendunia
Tomy lawyer      : Can it be cured for those who have been infected.?
   : Apakah bisa di sembuhkan bagi yang sudah terjangkit..?
Dr sukiyah           : Of course, you can isolate yourself for 14 days and have to follow the procedure for washing you hands for 20 seconds and always wearing a mask of you leave the house. that way, can reduce the spread and help healing.
  : Tentu saja bisa dengan mengisolasi diri selama 14 hari dan harus mengikuti tata cara mencuci tangan selama 20 detik dan selalu memakai masker jika keluar rumah.dengan begitu tentu saja bisa mengurangi penyebaran dan dan membantu penyembuhannya.
Tomy lawyer      : And whether using too much disinfectant can be dangerous..?
: Dan apakah penggunaan disinfektan yang terlalu banyak ini bisa berbahaya..?
Dr sukiyah           : If could be, this disinfectant is also made of excess chemicals if it is too often used and rules of use about 1_2 hours at a time
  : Bisa jadi,karena disinfektan ini juga terbuat dari bahan kimia yang berlebih jika terlalu banyak digunakan.maka dari itu penggunaan disinfektan ini 1_2 jam sekali.
Tomy lawyer`     : And whether this virus can also spread through money..?
   : Dan apakah virus ini dapat juga menyebar melalui uang..?
Dr sukiyah         : Of course yes, because that money as a means of payment certainly many who touch it and very likely the virus is very quickly spread through cash
: Tentu saja iya.karena uang itu banyak sekali yang menyentuh sebagai sarana pembayaran,jadi sangat besar kemungkinan virus ini sangat cepat menyebar melalui uang kas.
Tomy lawyer      : Then thank you dock for this very important info
  : Kalau begitu terimakasih dok atas informasi yang sangat penting ini.
Dr sukiyah           : Yes, you are welcome Tomy lawyer.
: Ya, sama sama pengacara Tomy.
Penulis :
Nama  : Rezaniya Zahra
Kls        : XI (TB)
Mapel  : Bhs. Inggris (Dialong Virus Korona)

 5. Conversation Between The Doctor And Mr.Sandi  About Corona Virus

" Antara Dokter Dan Pak Sandi Tentang Virus Corona"
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya

Doctor.    :Good morning..
                  Selamat pagi..
Mr.Sandi :morning..
                 Pagi..
Doctor.    :There is Something that can be helped..?
                   Ada yang bisa di bantu..?
Mr.Sandi :like this Doctor, I want to know about the  Plague that is now croak reefs..
                 Gini Dokter,saya ingin mengetahui wabah yang Piral sekarang-karang ini..
Doctor.    :Yes well, so the new type the Corona virus or Covid-19, so this new type or Corona virus is quality transmitted to humans.
                  Ya baik, jadi wabah yang piral sekarang ini bernama Virus Corona atau covid-19, virus Corona ini jenis baru  Yang cepat menular kepada manusia.

    Mr.Sandi : oo... Think this virus can attack anyone,Doctor..?
                     Oo..kira² pirus ini bisa menyerang siap saja,Dokter..?
Doctor.    : This virus can attack humans ranging from infants, Children, to adults, including pregnant, women and Nursing mothers.
             Virus ini bisa menyerang manusia mulai dari bayi, anak² hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan Ibu menyusui.
Mr.Sandi : hmm....where is the firs origin of this virus..??
                   hmm...diamana asal pertama virus ini...??
Doctor.    : This is virus firs appeared or originated in the chines City of Wuhan in late December 2019.
            Virus ini pertama kali muncul atau berasal dari kota Wuhan china pada akhir Desember tahun 2019.
Mr.Sandi : what is the cause of this Corona virus..??
                   Apa penyebab dari virus Corona ini..??
Doctor.    : This can cause mild respiratory infections, like flu and Van also cause severe respiratory infections.
                   ini dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan, Seperti flu dan bisa juga menyebab kan infeksi  Pernapasan berat yaitu infeksi paru².
Mr.Sandi : can the Doctor describe or tell the symptoms of this Corona virus..??
            Apakah dokter bisa menggambarkan atau Memberikan ciri² gejala virus Corona ini...??
Doctor.   : This is it Mr.sandi, the symptoms of this Corona virus Such as flu, fever, runny nose,dry cough,sore throad, and even bleed, tightness bread and cheat pain..
           Gini ya pak sandi,gejala² dari virus Corona ini seperti: Flu,demam, film ,batuk kering,sakit tenggorokan dan  Sakit kepala,ada juga penderita dengan gejala yang Yang berat,bisa mengalami demam tinggi, batuk   berdahak bahkan berdarah,sesak nafas dan nyeri Dada.
Mr.Sandi : oo... hmmm, like that..??
                  Oo.. hmm, seperti itu...??
    Doctor.    :Yes,if you feel in the midst of these symptoms then immediately treated to the sepat hospital.
                    Jika anda merasakan diantara gejala² tersebut  Maka segera ditangani ke ruamah sakit secepetnya
    Mr.Sandi : good Doctor, thanks for the info about this Corona Virus.
                      Baik Doctor, terimakasih atas info nya tentang virus  Corona ini.
   Doctor.    : Well Mr. Sandi until here our discussion this morning  Happy to meet you.
                       Baik pak sandi, sampai disini pembahasan kita pagi  ini,seneng bertemu dengan mu.
Mr.Sandi : yes Doctor, see you again.
                   Ya dokter, sampai bertemu kembali.
Penulis :
Nama  : Rina Agustina
Kls        : XI (TB)
Mapel  : Bhs. Inggris (Dialong Covid-19)

Sumber : https://www.bigbanktheories.com/

Demikianlah contoh percakapan bahasa Inggris Tentang virus korona sebagai bahan untuk menambah ilmu dan wawasan dalam belajar bahasa inggri bentuk percakapan. dan Jika anda belum mahir dalam ilmu grammar silahkan Download buku Grammar Betty Azhar ini. Semoga bermanfaat dan wassalam.

3 Responses to "Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya"

  1. sangat beramnfaat atas artikel Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Virus Korona Beserta Artinya inil semoga menjadi amal jariyah kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, smeoga artikle percakapan bahsa inggris viru korona ini menjadi bermanffaat terus

      Delete
  2. sama sama gan, smeoga artikle percakapan bahsa inggris viru korona ini menjadi bermanffaat terus

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel