Daftar Sekolah Pariwisata di Lombok

Sekolah Pariwisata di Lombok,pariwisata ntb, sekolah terbaik di lombok

Sekolah pariwisata di Lombok cukup diminati para siswa dan masyarakat lombok yang sadar betul akan prospek masa depan sekolah pariwisata ini. Poltekpar ( Politeknik Pariwisata) lombok misalnya yang menjadi sekolah favorit bagi calon mahasiswa/wi di lombok ini.

Mereka mulai mencari informasi terkait pendaftaran poltekpar, jadwal pendaftaran poltekpar, biaya, jurusan hingga akreditasi kuliah di poltekpar juga menjadi acuan penting bagi mereka.

Pada artikel miskin ilmu ini akan mencoba mengupas daftar sekolah pariwisata di lombok NTB, Mulai dari sekolah pariwisata di Lombok barat, lombok tengah, lombok timur sampai lombok utara.

Baik rekan rinjanischool yang budiman berikut kami rangkum 12 Sekolah pariwisata di lombok.

1. Politeknik Pariwisata Lombok

Politeknik Pariwisata Lombok (PPL) merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasional berkelas dunia dan berkebudayaan Indonesia di bidang kepariwisataan yang di bangung pada tanggal 10 Agustus 2017 degaan Alamat: Jl. Raden Puguh No.1, Puyung, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83561
Telepon: (0370) 7507125

Program di politeknik periwisata ( Poltekpar ) Lombok


  1. Devisi Kamar (D3)
  2. Tata HIdang (D3)
  3. Seni Kulner (D3)
  4. Usaha Perjalanan WIsata ( D4 )


Untuk Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi websiter resminya : http://ppl.ac.id/

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram adalah Sekolah Tinggi Pariwisata pertama di Nusa Tenggara Barat berdasarkan SK Kemenristek Dikti Nomor: 416/KPT/I/2017 Tanggal 26 Juli 2017. STP Mataram merupakan perubahan bentuk dari Akademi Pariwisata Mataram yang telah eksis dan berkembang di NTB sejak tahun 1997. Wikipedia


Semua program studinya telah memperoleh akreditasi B. Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram bernaung dibawah yayasan Kertya Wisata Mataram. Yayasan ini memiliki komitmen kuat dengan pengalaman luas dalam rentang waktu yang panjang mengelola pendidikan pariwisata NTB.

Baca Juga : Informasi Sekolah Internasional Rinjani Indah School Lombok

Selain mengelola Akpar Mataram selama 21 tahun, sebelumnya yayasan ini mengelola Vocational Training (Voctra: program 3 bulan, 6 bulan, 1 Tahun) dengan nama P4B cabang Mataram selama 10 tahun sejak tahun 1986. Bahkan yayasan ini tercatat sebagai yayasan pertama di NTB yang berkontribusi Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata untuk mengisi hotel-hotel sejak dibukanya Kawasan Wisata Sengigi.

Program Studi

terdapat 3 program studi yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram. Program studinya antara lain
S-1 Pariwisata
D-3 PPerhotelan
D-3 Perjalanan Wisata.

S-1 Pariwisata

Program studi S-1 Pariwisata merupakan Program Studi Sarjana Pariwisata di NTB. program studi S-1 Pariwisata memiliki 4 kosentrasi yaitu,
1. Decision Maker Industry Pariwisata.
2. Penelitian Bidang Kepariwisataan.
3. Comunitty Leader Product Pariwisata.
4. Consultant Priwisata.

D-3 Perhotelan

Program studi D-3 Perhotelan dengan Akreditasi B mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan industri pariwisata di NTB, D-3 Perhotelan memiliki kosentrasi.
1. Front Office.
2. Room Division.
3. Food & Product Division.
4. Culinary & Pastry.
5. Bar & Restaurant.
6. Cruise Line

D-3 Perjalanan Wisata

Program studi D-3 Perjalanan Wisata dengan Akreditasi B mencetak sumber daya manusia (SDM) dalam kegiatan kepariwisatan di NTB, D-3 Perhotelan memiliki kosentrasi.
1. Guiding
2. Ticketing
3. Tour Planning
4. MICE

Pusdiklat Tyatama Mataram

Yayasan kertya wisata sebagai pengelola Sekolah tinggi Pariwisata Mataram juga membina pusat pendidikan dan latihan Pariwisata (Pusdiklat Tyatama) Mataram. Pusdiklat Tyatama Mataram memiliki Program 1000 jam setara (D-1) (akreditasi Tebaik), Program studi yang dimiliki Pusdiklat Tyatama yaitu.
1. Perhotelan
2. Perjalanan Wisata
3. Language for Tourism


  • Alamat: Jl. Panji Tilar Negara No.99, Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115
  • Telepon: (0370) 633393
  • Provinsi: Nusa Tenggara Barat


Untuk Informasi Lebih Lanjut silahkan lihat di website reminya : https://www.stpmataram.ac.id/

3. Akademi Pariwisata Mataram 

Akademi Pariwisata Mataram adalah sekolah tinggi pariwisata yang ada di NTB di bawah Departmen pendidikan tinggi ( DIKTI ) yang sudah mengantongi akreditasi B.

Program unggulan 


  1. Perhotelan (D3)
  2. Usaha Perjalanan Wisata (D3)
  3. Perotelan ( D3)


Nilai tambh dari kuliah di akpar mataram ini memiliki lulusan yang handal dan siap kerja, memiliki banyak beasiswa, bisa langsung bekerja di kafal pesiar, sebagai team service dan liasion officer


  • Alamat: Universitas Mataram, Jalan Pendidikan No.37, Dasan Agung Baru, Selaparang, Dasan Agung Baru, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83126, Indonesia
  • Telp: +62 370 633865


Untuk Informasi Lebih lengkap silahkan lihat di : unram.ac.id/

Baca Juga :Tips Memilih Universitas Secara Bijaksana (Part.2)

4. SMK PARIWISATA GILI TRAWANGAN

Sekolah pariwisata pertama di lombok utara dengan nomer NPSN : 69852847 menjadi pilihan bagi siswa dan masyarakat lombok utara dalam mengembangkan potensi pariwisata di lombok.

Meski menyandang Status sekolah Swasta dalam Bentuk Pendidikan SMK yang di bawah naungan kepemilikan Yayasan dengan SK Pendirian Sekolah 2009-09-09 serta 
SK Izin Operasional : 820/167/02/DIKBUDPORA.

  • Alamat: Jl. Klp. Gili Trawangan, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83352
  • Provinsi: Nusa Tenggara Barat

5. SMA Pariwisata Tanjung

Sekolah pariwisata dengan nomer NPSN : 50200366 dan Status sekolah Swasta yang ada di lombok dengan bentuk satuan Pendidikan SMA milik yayasan yang mengantongi ijin SK Pendirian Sekolah : 91/YPWD/CAB-NTB/V/2000 SK Izin Operasional : 421/89/Kesra/2002

Alamat: Jl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar.

6. SMK PARIWISATA NW JANAPRIA

  • SK Pendirian : 02/PD.NW/LTH/VII/2017
  • Tanggal SK Pendirian : 01 Jun 2017
  • Status Kepemilikan : Yayasan
  • SK Ijin Operasional : 188.4/143.PSMK/DIKBUD
  • Tanggal SK Ijin Operasional : 08 Mar 2018

Demikianlah informasi Sekolah pariwisata di Lombok secara keseluruhan, jika ada nama sekolah anda yang belum masuk dalam daftar sekolah pariwisata di NTB ini silahkan masukkan pada kolom komentar agar segera kami perbaharui. karena darai data di internet hanya beberapa informasi yang kami dapatkan.. Oleh karena ini besar harapan penulis untuk meminta masukkan. Semoga bermanfaat dan Wassalam.

1 Response to "Daftar Sekolah Pariwisata di Lombok"

  1. informasi yang bermanfaat, mas maju terus pariwisata lombok

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel