Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Dalam Debat Yang Sering Digunakan


kumpulan-kalimat-bahasa-inggris-dalam-debat-yang-sering-digunakan

Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Dalam Debat Yang Sering Digunakan

Debat Bahasa Inggris adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Kalimat/Phrases For Chair And The Timer Keeper

Ketika anda berdebat tentu ada guider atau mederator yang memandu jalannya debat. Nah, Jika anda seorang moderator maka pada bagian ini saya menyediakan kalimat/phrases yang digunakan dalam ruang debat bahasa Inggris.

Baca Juga : Tips dan triks Debat Bahasa Inggris Agar Menang


Ladies And Gentlemen
Welcome To Debate Contest

First, let me introduce the debaters. 

On my right side is from........................as the affirmative team, acting as the first speaker is.....................; acting as the second speaker is.....................; acting as the third speaker is.....................; and the reply speaker will be given by..............................
On my left  side is from........................as the negative team, acting as the first speaker is.....................; acting as the second speaker is.......................................;acting as the third speaker is.....................;and the reply speaker will be given by..............................;

Ladies And Gentlemen

Now, I’d like to introduce the adjudicators, the first adjudicator is..................................; the second adjudicator is...................................; etc

The time Keeper Is.....................;And I Am Acting As The Chair Person

Ladies And Gentlemen

Before we begin. Let me announce the rules and regulation of this contest. Each substantive speech taken five minutes; after three minutes the time keeper will knock once; after five minutes the time keeper will knock twice; and after five minutes twenty second the time keeper will knock continuously to show that the time is over.

For reply speech the maximum time is three minutes. After two minutes the time keeper will knock once; after three minutes the time keeper will knock twice; and after three minutes twenty second the timer keeper will knock continuously

Ladies And Gentlemen

THE MOTION TODAY IS.............................................
Well ladies and gentlemen, I would like to invite the first speaker from the affirmative team.  Welcome to  Mr/Mrs............................. please welcome.

Now, I would like to invite invite the second speaker from the affirmative team.  , welcome to Mr/Mrs............................. please welcome etc.


PRESENTING ARGUMENT ( Cara Memulai Debat )

 Ketika anda berdebat wajib anda berargumen makin kuat argument anda maka makin besar peluang anda untuk menang. untuk lebih hebatnya lagi silahkan simak dan gunakan kalimat dalam menyampaikan pendapat di bawah ini yang disertai dengan pihak Pro dan Kontra.

Argumen dari Affirmative/Positive

  • Well, L & G  I am the first speaker from Affirmative house will give deffition  of this motion, tell the issue and why we support this motion.
  • Baik hadirin, saya pembicara pertama dari tim pendukung akan memberikan definisi dari mosi ini, menceritakan isu-isu terkait dan kenapa kami mendukung mosi ini 
  • Well, L & G  I am the second speaker from Affirmative house will give some argu, but before that, I would like to rebutte what the other house said just now, they said………..welcome to my argument, I begin by…
  • Baik hadirin saya pembicara ke dua dari tim pendukung akan memberikan beberapa argument, tapi sebelum itu saya mau meyanggah apa yg dikatakan lawan tadi, mereka bilang………..argumen saya iyalah, saya mulai dengan……….
Baca Juga : Panduan dan Pedoman Lomba Debat Bahasa Inggris EDC Pdf

  • Well, L & G  I am the third speaker from Affirmative house will review my argument  team, give examples and evidences, but before that, I would like to rebutte what the other house said just now, they said……………………welcome to my review and examples or evedences
  • Baik hadirin saya pembicara ke tiga dari tim pendukung akan mengulas dan mengklarifikasi argument temen saya, tapi sebelum itu saya mau meyanggah apa yg dikatakan lawan tadi, mereka bilang…………………kemudian ulasan , contoh atau bukti saya iyalah…

Argumen dari Opposite/Negative

  • Well L & G,  I am the first speaker from Opposite house will give reason why we disagree of  this motion and tell my team split and  some arguments, but before that, I would like to rebutte what the other house said just now, they said………...
  • Baik hadirin, saya pembicara pertama dari tim penyanggah akan memberikan  alas an kenapa kami tidak setuju dgn mosi ini dan menunjukkan kerja tim saya dan beberapa argument, tapi sebelum itu saya mau meyanggah apa yg dikatakan lawan tadi, mereka bilang……….. 
  • Well, L & G  I am the second speaker from opposite house will give some argument of this motion, but before that, I would like to rebutte what the other house said just now, they said………..welcome to my argument, in this case we find out three points …
  • Baik hadirin saya pembicara ke dua dari tim pendukung akan memberikan beberapa argument dari mosi ini, tapi sebelum itu saya mau meyanggah apa yg dikatakan lawan tadi, mereka bilang………..argumen saya iyalah, dlm masalah ini kami menemukan tiga poin……….
  • Well, L & G  I am the third speaker from opposite house will review my argument  team, give examples and evidences, but before that, I would like to rebutte what the other house said just now, they said……………………welcome to my review and examples or evedences
  • Baik hadirin saya pembicara ke tiga dari tim pendukung akan mengulas dan mengklarifikasi argument temen saya, tapi sebelum itu saya mau meyanggah apa yg dikatakan lawan tadi, mereka bilang…………………kemudian ulasan , contoh atau bukti saya iyalah…

2. Ordering/ Cara Mengurutkan

  • Well L & G Let me Beging from economic/psychology/education side........
  • Baik hadirin ijinkan saya mulai dari segi ekonomi/psikologi/pendidikan
  • The First Is........The Second Is.....The Third Is ...... Finally...
  • Yg pertama....... yg kedua............... yg ketiga................akhirnya....

3. Adding/ Cara Menambahkan

  •      Besides that...
  •      Disamping itu......
  •      The Other of That
  •      Selain dari itu...
  •      A little bit of people said..
  •      Hanya sebagian kecil orang-orang bilang.....
  •      As long as.................it’s okey...
  •      Selama .......................itu tdk apa-apa.
  •      Not only.................but also.....
  •      Tidak hanya......tetapi juga..........
  •      To get furthermore imformation.....
  •      Untuk mendapat info lebih lanjut.........
  •      Moreover....
  •      Apalagi/Malahan
  •      On the other hand...
  •      Tapi sebaliknya...

4. Giving An Example/Cara Memberi Contoh

  • Let me give an example.....
  • Ijinkan saya memberikan contoh.......
  • Such like when we are going to..................
  • Seperti ketika kita akan .............
  • To ilustrate this motion let’s consider........../Imagine
  • Untuk memperjelas masalah ini, coba kita cermati....../Bayangkan.......
  • To clarificate this motion today.......
  • Untuk memperjelas maslah hari ini.........
  • The case we are talking to day is.......................Not ...
  • Masalah yg kita bahas saat ini adalah................... Bukan......
  • You are had get out of what we are talking about...
  • Anda kelaur dari pembahasan yg kita bahas....

5. Balancing Argument/ Cara Menyeimbangkan Argument lawan

  • Of course On the other hand............but in other side.
  • Memang sih Disisi ini.......................tetapi disisi yang lain.....
  • Although you...................but we must not forget.........
  • Walaupun anda.................tetapi kita tidak semestinya melupakan......
  • Therefore.......................we have to remember....
  • Oleh karna itu............. Kita harus inggat.......
  • Despite tyhe fact said that........but we are from affirmative team..
  • Walaupun faktanya mengatakan bahwa...........tetapi kami dari tim  pendukung..

6. Stating Preferences/ Cara Menyatakan Kecenderungan

  • I more agree if..................than.......
  • Saya lebih setuju jika...................daripada...
  • I’d rather ..............than
  • Saya lebih suka.........daripada.....
  • I tend to favour..........as apposed to
  • Saya lebih cenderung meyetujui........dibandingkan dengan........ 

7. Concluding/ Cara Menyimpulkan Debate

  • So, the conclusion is................................thank you, I back to post.
  • Jadi, kesimpulanya adalah..................terimakasih, saya kembali ke  tempat..
  • The conclusion is we are from negative team, Do not agree of  this motion.
  • Kesimpulanya adalah kami dari negativ sangat tdk setuju dan  masalah ini,
  • I would like to conclude by saying that...
  • Saya inggin meyimpulkan dengan mengatakan bahwa.........
  • So ladies and gentlement, the conclusion is,, I absolutly disagree of this motion , I stand on my argument. thanks.
  • Jadi Bpk/Ibu kesimpulanya adalah, saya secara mutlak tdk setuju,  dan saya tetap pada penderian  saya,, terimakasih.

8. Commenting Rebuttle/ Cara Menyanggah Pendapat Lawan

  • Before I come to my argument, I wannna rebuttle,,  what the First/Second/Third speaker said just now........
  • Sebelum saya mengajukan argumen, saya mau meyanggah apa yg di  katakan pembicara pertama/kedua/ketiga katakan tadi........
  • Before goes to argument. I must rebute,, what you have been saying already.
  • Sebelum ke argumen saya harus meyanggah apa kau katakan tadi itu..
  • Before we go to further... Can I point out......
  • Sebelum kita lebih jauh lagi.... boleh saya menjelaskan.......
  • Before we are going to the next one... I should clarificate this motion......
  • Sebelum kita lanjut.........saya harus memperjelas masalah ini.......

9. Back To Point/ Kembali Ke Pembahasan

  • As my patner said just now........that..
  • Seperti teman saya katakan tadi ...bahwa..
  • As I was saying...
  • Seperti yg saya katakan tadi...........
  • Coming back to what my patner have been saying just now.....
  • Kembali ke apa yg telah  dikatakan teman saya tadi...
  • According to data statistic in 2013........its so clear endanger the....
  • Menurut data statistik tahun 2013..... Itu jelas membahayakan para....

AGREEING AND DISAGREEING

 Setuju dan tidak setuju memang menjadi tantang dalam lomba debat, namun jika anda salah memulainya bisa jadi pernyataan anda tidak berbobot, maka  untuk lebih hebatnya lagi silahkan simak dan gunakan kalimat dalam menyampaikan agreement dan disagreement di bawah ini.

1. Strong Agreement/Persetujuan Yang Kuat

  • We are from Affirmative/Opposite team  completely agree this motion
  • Kami dari tim pendukung/penyanggah  sangat setuju dgn mosi ini. (Sebut Motionnya)
  • We are from Affirmative/Opposite house  Absolutly Agree This Motion
  • Kami dari tim pendukung/penyanggah  sungguh sangat setuju dgn mosi ini. (Sebut Motionnya)
  • I am from Affirmative/Opposite house Strongly do Agree of This Motion
  • Saya dari tim pendukung/penyanggah  secara kuat sangat setuju dengan mosi ini. (Sebut Motionnya)

2. Strong Disagreemet/ Ungkapan Tdk Setuju Yang Kuat

  • We are from Affirmative/Opposite team  totally disagree with you.
  • Kami dari tim pendukung/penyanggah  sungguh sangat setuju dgn anda. 
  • We are from Affirmative/Opposite team  don’t agree at all..why
  • Kami dari tim pendukung/penyanggah  sungguh sangat setuju sama sekali… kenapa?
  • You Are Copletely Mistaken
  • Anda benar benar salah..
  • We are from Affirmative/Opposite team  ,, absolutly disagree about this motion
  • Kami dari tim affrimatip,, wajib mutlak tdk setuju terhadap maslah ini..

3. Clarificating Misunderstanding/ Memperjelas Kesalahfahaman Lawan

  • I have to clarificate this, you know what? we are talking about...........not talking about.............I think you at cross purposes the motion.
  • Saya mesti memperjelas ini, anda tau? kita membahas tentang...............bukan tentang........saya rasa anda menyimpang dari  masalah ini.
  •  With respect, that is not what I said.
  • Dengan hormat , itu bukanlah yang saya maksud.

4. Asking For POI/Bertanya Atas Maksud Lawan

  • POI guys, i’m sorry I didn’t quite follow what said about..........
  • Intruksi mas/mbak,, saya tdk begitu memahami yg anda katakan mengenai......
  • POI !.. could you give us some detail about........
  • Intruksi ! Bisakah kau memberikan penjelasan-penjelasan detail tentang..........................
  • POI !,, what you mean of............................could you be a little bit axcample precise?
  • Intruksi,,! Apa yang anda maksud dgn................bisakah kau memberi  contoh lebih jelas lagi?
  • POI guys, I wonder if you could to give us the real resources of...................
  • Intruksi mas/mbak,,! Sudikah anda jika memberikan kami tentang  sumber yang jelas mengenai.................
  • POI guys, could you showing the some proofs of...................
  • Intruksi mas/mbak,,! Bisakah kau menunjukkan bukti2 mengenai........

Baca Juga : Klasifikasi Mosi Dalam Debat bahasa Inggris SMA Yang Wajib Debater Ketahui

Demikianlah artikel terkait Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Dalam Debat Yang Sering Digunakan yang semoga bermanfaat untuk anda semua dan jika ada hal yang masih di bingungkan terkait lomba debat silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah karena kami memiliki banyak video baik untuk SLTA atau Universitas. Baca Juga : Panduan Debat Bahasa Inggris Terlengkap dan Terbaru



Relate Post:


0 Response to "Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Dalam Debat Yang Sering Digunakan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel