Download Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru

Download Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru - Bagi para pelatih debat, juri debat maupun debater yang sudah malang- melintang di kejuaraan debat, buku panduan ini diharapkan menjadi teman baru dalam menyempurnakan kemampuan berdebat, melatih dan menjadi juri. Kami yakin banyak perspektif baru yang bisa anda dapatkan dari membaca artikel ini.

Download Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru

download-buku-panduan-debat-competitif-bahasa-inggris

Dalam debat yang bersifat kompetitif, terdapat tim yang bersaing dan pemenangnya dinilai berdasarkan kriteria tertentu dari juri. Debat kompetitif memiliki aturan-aturan yang berbeda (akan dijelaskan di Bab 2). Salah satu tujuan debat kompetitif adalah untuk melatih dan mendidik generasi muda dalam menyampaikan pendapat dan memberikan solusi atas permasalahan secara logis dan kritis.

Baca Juga : Susunan Acara Debat Bahasa Inggris

Debat kompetitif dilakukan di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Di sekolah dan perguruan tinggi, kompetisi debat dilakukan dengan aturan eksplisit. Kemenangan tim debat kompetitif akan ditentukan oleh satu juri atau lebih, tergantung kapasitas dan sistem yang dipakai. Masing-masing pihak, baik yang mendukung (tim positif atau pro) maupun yang menolak (tim negatif atau kontra), akan menyampaikan pernyataan (proposisi / resolusi) serta mempertahankan argumen mereka. Tim positif akan mendukung mosi atau tema, sedangkan tim negatif akan membantah argumen tim lawan; mereka tidak diharuskan untuk mengusulkan alternatif resolusi jika memang tidak dibutuhkan. Pemenang dari debat kompetitif adalah tim yang berhasil menunjukkan pengetahuan dan kemampuan debat yang lebih baik.

Baca Juga : Klasifikasi Mosi Dalam Debat bahasa Inggris SMA Yang Wajib Debater Ketahui

Debat kompetitif pada dasarnya bertujuan untuk melatih peserta dalam mengambangkan kemampuan tertentu, misalnya dalam menghargai pendapat, komunikasi publik, mengutarakan pendapat secara logis, jelas dan terstruktur, dan kemampuan berbahasa. Istilah debat parlementer digunakan untuk debat kompetitif yang mengadopsi sistem parlemen yang ada di dunia.

Baca Juga : Panduan dan Pedoman Lomba Debat Bahasa Inggris EDC Pdf

Beberapa format yang digunakan dalam debat kompetitif didasarkan atas debat formal yang dilakukan di parlemen. Dari sinilah muncul istilah debat parlementer. sebagai salah satu gaya debat yang populer. Ada berbagai format debat parlementer yang masing-masing memiliki aturan dan organisasinya sendiri.

Terdapat beberapa kompetisi debat berbahasa inggris yang diakui di dunia, seperti World Universities Debating Championship (WUDC) yang menggunakan sistem British Parliamentary di tingkat universitas (diterangkan khusus di Bab 9) dan World Schools Debating Championship (WSDC) untuk tingkat sekolah menengah atas. Kompetisi ini menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Untuk menghargai peserta dari negara yang tidak berbahasa Inggris, biasanya ada penghargaan khusus kepada tim yang berasal dari negara-negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (English as Second Language - ESL).

Baca Juga : Buku Debat bahasa Inggris Pdf Untuk Pemula

Di Indonesia sendiri, telah diselenggarakan berbagai kejuaran lomba debat, khususnya debat berbasasa Inggris. Di tahun 1997, lomba debat parlementer tingkat universitas bernama Java Overland Varsities English Debate (JOVED) berhasil diselenggarakan di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Kejuaraan tersebut diikuti oleh tim-tim dari berbagai wilayah di Pulau Jawa dan sekitarnya. Pada fase selanjutnya, kejuaraan debat se-Indonesia pertama kali diadakan tahun 1998. Kejuaraan   itu   bernama   Indonesian    Varsity    English    Debate (IVED)    digelar   di Universitas Indonesia. Kedua kompetisi tersebut masih diselenggarakan dengan rutin setiap tahunnya sampai saat ini.

Ada berbagai jenis debat parlementer yang paling sering dipakai untuk kejuaraan debat di Indonesia diantaranya Australian Parliamentary, Australasian Parliamentary (Australs), Asian Parliamentary (Asians), British Parliamentary (BP), dan Format World Schools. Menilai dan menentukan pemenang dalam debat parlemen bukanlah urusan yang mudah. Subyektivitas juri menjadi isu utama dalam sebuah debat kompetitif. Beberapa juri sering terjebak dalam penilaian yang terlalu menekankan ada satu aspek dan tidak mengindahkan aspek lainnya. Sering juga juri terlalu memasukkan pengetahuan dan situasi pribadi ke dalam debat sehingga mempengaruhi penilaian. Pembahasan mengenai isu penjurian dalam debat akan dibahas di bab selanjutnya. Oleh karena itu, sekarang muncul sebuah trend dimana juri yang menilai dalam kejuaraan debat harus memiliki akreditasi. Hal ini tidak hanya diimplementasikan di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Baca Juga :Buku Debat bahasa Inggris Pdf

Untuk Lebih jelasnya silahkan lihat tampilan di bawah ini dalam bentuk Word dan jika anda berminat Download Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru silahkan download pada link yang sudah kami sediakan di bawah tampilan Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris.




download-buku-panduan-debat-competitif-bahasa-inggris


Download Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru  DISINI

Demikianlah Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru yang semoga bermanfaat bagi peserta didik yang sedang lomba atau sedang mencari sekedar menjadi referensi, jika ada pertanyaan silahkan tingalkan komentar anda di bawah. Bisa request buku atau panduan debat bahasa inggris lainya juga lho.. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Download Buku Panduan Debat Competitif Bahasa Inggris Terbaru"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel