Buku Panduan Debat Bahasa Inggris Cendekia
Buku Panduan Debat Bahasa Inggris Cendekia
PENGERTIAN DEBAT
1). Definisi
Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau
lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan
memutuskan masalah dan perbedaan
2). Hakikat Debat
Banyak orang yang salah kaprah
mengenai debat. Debat bukanlah bagaimana anda dapat mematahkan statement dari
lawan anda. Hal itu hanya merupakan sebagian kecil dari debat. Debat yang
sebenarnya adalah bagaimana cara kita (debater) untuk membuat orang lain (juri)
terpengaruh dan setuju dengan argumen apa yang kita sampaikan. Ketika kita ingin tahu
seseorang merupakan debater yang baik atau tidak, kita harus melihat bagaimana
caranya dia untuk mempersuasi orang lain dan juga meyakini bahwa apa yang
dikatakannya adalah benar, bukan membuktikan bahwa apa kata lawannya salah. Karena dengan meyakini orang lain
bahwa argumen kita adalah benar, maka secara langsung kita telah mematahkan
argumen dari lawan kita.
3). Metode
Agar debat efektif, terdapat
metoda terbaik yang perlu diterapkan di dalam debat, yaitu teknik Logika dan
Dialektika. Untuk menggunakan teknik Logika, diperlukan pemahaman dan
keterampilan di dalam menggunakan ilmu logika.Untuk menggunakan dialektika,
diperlukan pemahaman dan keterampilan di dalam teknik bertanya.dalam hal ini,
debat dilakukan dengan cara menentukan Penanya (T) dan penjawab (T). dan dapat
dilakukan saling bergantian.
A.
PRESENTING ARGUMENT
1)
Beginning/Cara Memulai Debat
I would
like to begin by.....
Saya akan memulai dengan.....
There
are three points I’d like to make....
Ada tiga hal yang akan saya
kemukakan......
The
most important points seem to me is...
Hal yang paling penting bagi saya
adalah.......
2)
Ordering/ Cara Mengurutkan
First
Of All, We Must Bear In Mind
Yang pertama kita harus
mengingat.....
To
Beging With........
Pertama kalinya......
The
First Is........The Second Is.....The Third Is ...... Finally...
Yg pertama....... yg
kedua............... yg ketiga................akhirnya....
3)
Adding/ Cara Menambahkan
Besides
that...
Disamping itu......
The
Other of That
Selain dari itu...
A
little bit of people said..
Hanya sebagian kecil orang-orang
bilang.....
As long
as.................it’s okey...
Selama .......................itu
tdk apa-apa.
Not
only.................but also.....
Tidak hanya......tetapi
juga..........
To get
furthermore imformation.....
Untuk mendapat info lebih
lanjut.........
Moreover....
Apalagi/Malahan
On the
other hand...
Tapi sebaliknya...
4) Giving An Example/Cara Memberi
Contoh
Let me
give an example.....
Ijinkan saya memberikan
contoh.......
Such
like when we are going to..................
Seperti ketika kita akan
.............
To
ilustrate this motion let’s consider........../Imagine
Untuk memperjelas masalah ini, coba
kita cermati....../Bayangkan.......
To
clarificate this motion today.......
Untuk memperjelas maslah hari
ini.........
The
case we are talking to day is.......................Not ...
Masalah yg kita bahas saat ini
adalah................... Bukan......
You are
had get out of what we are talking about...
Anda kelaur dari pembahasan yg kita
bahas....
5)
Balancing Argument/ Cara
Menyeimbangkan Argument lawan
Of
course On the other hand............but in other side.
Memang sih Disisi
ini.......................tetapi disisi yang lain.....
Although
you...................but we must not forget.........
Walaupun anda.................tetapi
kita tidak semestinya melupakan......
Therefore.......................we
have to remember....
Oleh karna itu............. Kita
harus inggat.......
Despite
tyhe fact said that........but we are from affirmative team..
Walaupun faktanya mengatakna
bahwa...........tetapi kami dari
affirmative..
6)
Stating Preferences/ Cara
Menyatakan Kecenderungan
I more
agree if..................than.......
Saya lebih setuju
jika...................daripada...
I’d
rather ..............than
Saya lebih
suka.........daripada.....
I tend
to favour..........as apposed to
Saya lebih cenderung
meyetujui........dibandingkan dengan........
7)
Concluding/ Cara Menyimpulkan
Debate
So, the
conclusion is................................thank you, I back to post.
Jadi, kesimpulanya
adalah..................terimakasih, saya kembali ke
tempat..
The
conclusion is we are from negative team, Do not agree of this motion.
Kesimpulanya adalah kami dari
negativ sangat tdk setuju dan
masalah ini,
I would
like to conclude by saying that...
Saya inggin meyimpulkan dengan
mengatakan bahwa.........
So
ladies and gentlement, the conclusion is,, I absolutly disagrre of this motion , I stand on my argument.
thanks.
Jadi Bpk/Ibu kesimpulanya adalah,
saya secara mutlak tdk setuju,
dan saya tetap pada penderian
saya,, terimakasih.
8)
Commenting Rebuttle/ Cara
Menyanggah Pendapat Lawan
Before
I come to my argument, I wannna rebuttle,, what the First/Second/Third speaker said just
now........
Sebelum saya mengajukan argumen,
saya mau meyanggah apa yg di
katakan pembicara
pertama/kedua/ketiga katakan tadi........
Before
goes to argument. I must rebute,, what you have been saying already.
Sebelum ke argumen saya harus
meyanggah apa kau katakan tadi itu..
Before
we go to further... Can I point out......
Sebelum kita lebih jauh lagi....
boleh saya menjelaskan.......
Before
we are going to the next one... I should clarificate this motion......
Sebelum kita lanjut.........saya
harus memperjelas masalah ini.......
9) Back To Point/ Kembali Ke
Pembahasan
As my
patner said just now........that..
Seperti teman saya katakan tadi
...bahwa..
As I
was saying...
Seperti yg saya katakan
tadi...........
Coming
back to what my patner have been saying just now.....
Kembali ke apa yg telah dikatakan teman saya tadi...
According
to data statistic in 2013........its so clear endanger the....
Menurut data statistik tahun
2013..... Itu jelas membahayakan para....
B.
AGREEING AND DISAGREEING
1)
Strong Agreement/Persetujuan Yang Kuat
I
completely agree.........with
Saya sangat setuju.......dengan
I am in
total agreement.........if...
Saya benar benar setuju.........jika....
We
Absolutly Agree About This Motion
Kami Sangat Setuju Dengan Mosi Ini
We
Strongly Do Agrre Of This Motion (Sebut Motionnya)
Kami secara kuat sangat setuju
dengan mosi.....
2)
Strong Disagreemet/ Ungkapan Tdk
Setuju Yang Kuat
We
totally disagree with you....
Kami Sangat Tidak Setuju Dengan
Kalian
We
don’t agree at all..
Kami Sangat Tdk Setuju Sama Sekali
You Are
Copletely Mistaken
Anda benar benar salah..
We are
from affirmative team,, absolutly disagree about this motion
Kami dari tim affrimatip,, wajib mutlak
tdk setuju terhadap maslah
ini..
3)
Clarificating Misunderstanding/
Memperjelas Kesalahfahaman Lawan
I have
to clarificate this, you know what? we are talking about...........not talking
about.............I think you at cross
purposes the motion.
Saya mesti memperjelas ini,
anda tau? kita membahas tentang...............bukan tentang........saya rasa
anda menyimpang dari masalah ini.
With
respect, that is not what I said.
Dengan hormat , itu bukanlah
yang saya maksud.
4)
Asking For POI/Bertanya Atas
Maksud Lawan
POI
guys, i’m sorry I didn’t quite follow what said about..........
Intruksi mas/mbak,, saya tdk begitu
memahami yg anda katakan
mengenai......
POI !..
could you give us some detail about........
Intruksi ! Bisakah kau memberikan
penjelasan-penjelasan detail
tentang..........................
POI !,,
what you mean of............................could you be a little bit axcample
precise?
Intruksi,,! Apa yang anda maksud
dgn................bisakah kau memberi
contoh lebih jelas lagi?
POI
guys, I wonder if you could to give us the real resources of...................
Intruksi mas/mbak,,! Sudikah anda
jika memberikan kami tentang
sumber yang jelas
mengenai.................
POI
guys, could you showing the some proofs of...................
Intruksi mas/mbak,,! Bisakah kau menunjukkan
bukti2 mengenai........
PEDOMAN
DEBAT
FORMAT DEBAT PARLEMEN
AUSTRALIA
1.
Tujuan Debat
1. Meningkatkan
kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris
2. Memperbaiki
kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat, pandangan dan persepsi mereka
terhadap berbagai hal
3. Mengarahkan
siswa agar menjadi lebih kritis, berpikir analitis dan konstruktif
4. Mengarahkan
siswa agar mampu bertindak sportif
2.
Gambaran Umum
Format debat ini diadopsi dari format debat yang ada
di parlemen Australia. Berikut abstraksinya :
1. Pihak
pertama (Tim Afirmatif) mengajukan sebuah usulan kepada parlemen
2. Pihak
oposisi (Tim Negatif) menyanggah usulan tersebut
3. Masing-masing
pihak berusaha meyakinkan Parlemen (Adjudicator) bahwa usulannya yang patut
diterima
4. Masing-masing
pihak mendapat alokasi waktu yang setara untuk mengemukakan pandangannya secara
bergantian
5. Parlemen
(Adjudicartor) melakukan pengambilan suara (voting) untuk memeutuskan usuan
mana yang diterim
3. Pelaku
1. Debat
dipimpin oleh seorang ketua sidang (Chairperson)
2. Tim
Afirmatif beranggotakan 3 orang
3. Tim
Negatif beranggotakan 3 orang
4. Ketua
sidang didampingi oleh seorang pencatat waktu (Time Keeper)
5. Tim
juri (Adjudicator) dengan jumlah minimal 3 orang dan harus ganjil
4. Skema
Format Debat Australia
|
|||||||
5. Tugas masing-Masing Tim
A. Tim Afirmatif (dikenal sebagai pihak pemerintah)
1.
Mendifinisikan topik (motion) yang diajukan
2.
Memberikan argumentasi yang mendukung
B. Tim negatif (dikenal sebagai pihak oposisi)
1.
Menyanggah topik (motion) yang didefinisikan oleh
Tim Afirmatif
2.
Membangun kasus yang melawan argumentasi Tim
Afirmatif
3.
Bila Tim Negatif memandang bahwa definisi yang
diajukan oleh Tim Afirmatif tidak sah, Tim Negatif dapat mengajukan keberatan
dan mengajukan definisi baru. Namun dalam hal ini tidak dapat dilakukan
semata-mata karena Tim Negatif berpandangan bahwa definisinya sendiri yang
lebih hebat.
C. Ketua Sidang (Chairperson)
1)
Membuka debat
2)
Memperkenalkan masing-masing pembicara dari kedua
Tim
3)
Mengumpulkan dan memeriksa keabsahan penilaian Tim
Juri ( Adjudicator)
4)
Menghitung suara anggota Tim Juri ( Adjudicator)
dan menyimpulkan pemenangnya
5)
Mempersilahkan Tim Juri (
Adjudicator) mengadakan penjurian oral
(oral adjudication)
6)
Mengumumkan pemenang
7)
Menutup
D. Pencatat Waktu (Time Keeper)
1)
Mengamati waktu yang diberikan untuk masing-masing
pembicara
2)
Memberikan isyarat ketukan satu kali pada dua menit
sebelum waktu seorang pembicara habis.
3)
Memberikan ketukan dua kali setelah waktu bicara
habis
4)
Memberikan ketukan lebih dari tiga kali (continous
knock) setelah dua detik dari waktu
bicara habis bila pembicara masih meneruskan
pidatonya
5)
Mencatat dan mengumumkan waktu yang dihabiskan
pembicara kepada pemirsa.
6. URUTAN
BERBICARA
Pidato Utama
(Substantial Speech)
|
Pembicara Pertama Tim Afirmatif (A1)
Pembicara Pertama Tim Negatif (N1)
Pembicara Kedua Tim
Afirmatif (A2)
Pembicara Kedua Tim
Negatif (N2)
Pembicara Ketiga Tim
Afirmatif (A3)
Pembicara Ketiga Tim
Negatif (N3)
|
5 menit
|
Pidato Balasan
|
Balasan Tim Negatif (repley speaker)
Balasan Tim Afirmatif (repley speaker)
|
3 menit
|
BAB II
PERIHAL ISI DEBAT
1. Motion (Topik)
Motion adalah sebuah pernyataan usulan yang akan
diperdebatkan. Tim Afirmatif akan memberikan argumentasi untuk mempertahankan
usulan/motion tersebut. Sebaliknya, Tim Negatif harus memberikan argumentasi
untuk menolak usulan tersebut.
2. Definisi
Tim Afirmatif harus mendefinisikan motion yang
diajukan dengan :
·
Memberikan gambaran yag jelas dan lugas mengenai
motion yang dibicarakan
·
Membatasi lingkup pembicaraan dengan menetapkan
batas yang jelas
Hal ini
untuk mencegah perdebatan yang tidak jelas karena adanya
perbedaan
persepsi pada kedua belah pihak mengenai topik yang
dibicarakan.
Beberapa contoh penyusunan definisi :
Motion
: Bahwa sesuatu yang pernah naik harus pula turun
1.
Tim Afirmatif memiliki berbagai kemungkinan
mendifinisikan motion tersebut, karena motion yang diajukan tersebut bersifat
abstrak.
2.
Tim Afirmatif bisa saja mendefinisikan ‘sesuatu’
sebagai presiden Republik Indonesia
3.
Dengan demikian motion itu mengandung inti bahwa
siapa saja yang ‘naik’ (menerima kekuasaan) sebagai presiden RI suatu waktu
harus ‘turun’ (menyerahkan kembali kekuasaannya).
4.
Oleh karena itu jabatan yang diajukan adalah :
‘Bahwa jabatan kepresidenan RI harus dibatasi sebanyak 2 periode’.
5.
Tim Afirmatif kemudian harus mengajukan argumentasi
mengenai kerusakan yang terjadi bila masa kepresidenan tidak dibatasi serta
memberikan bukti-bukti pendukung, misalnya : kontrol pada semua bidang selama
pemerintahan rezim yang lalu, dll.
Contoh diatas menunjukkan bahwa pada umumnya
permasalahan yang
diperdebatkan tidak diketahui hingga Tim Afirmatif menyajikan
definisinya.
Panduan Dalam Menyusun Definisi :
1.
Harus dapat diperdebatkan (misalnya :
memiliki dua sisi yang bertentangan).
2. Tidak
boleh menyimpang dari topik yang diajukan.
Definisi yang harus diperdebatkan oleh Tim Negatif
:
a. Definisi Truistik
Terjadi bila tim mendefinisikan sebuah motion
secara harfiah dan hakiki sehingga tidak dapat diperdebatkan
b.
DefinisiTautologis (Berputar)
Terjadi bila disusun sedemikian rupa sehingga tidak
mungkin secara logis dapat ditegaskan.
c. Squirelling
Terjadi bila definisi tidak sesuai dengan motion
atau tidak memiliki kaitan yang logis dengan motion.
3. Pembatasan Ruang dan
Waktu
Pokok permasalahan yang diperdebatkan tidak dapat
dibatasi pada periode, waktu dan tempat tertentu.
4. Catatan mengenai
tantangan terhadap suatu definisi
a. Menantang catatan yang diberikan Tim
Afirmatif hanya dapat dilakukan
bila anda merasa pasti bahwa definisi tersebut tidak fair.
b. Lebih baik Tim Negatif meninggalkan kasus
yang sudah dipersiapkan
dan menghadapi
Tim Afirmatif berdasarkan definisi yang mereka buat
daripada
menantang mereka tanpa dasar dan alasan yang kuat.
5. Themeline (Benang Merah Argumentasi)
Ø Themeline adalah pikiran utama yang mengaitkan
pembicara pertama, kedua, dan ketiga sehingga terdapat konsistensi
Ø Sebuah tim harus memiliki benang merah argumentasi
yang merupakan alur pikir logis mengenai motion yang diperdebatkan.
Ø Benang merah argumentasi menunjukkan mengapa
usulan/pandangan tim tersebut benar dan logis.
6. Argumentasi
Argumentasi adalah proses menjelaskan mengapa sudut
pandang tim tersebut harus diterima. Argumentasi bukan opini,
karenanya harus didukung oleh bukti-bukti
(contoh
: fakta, statistik, kutipan pakar, pandangan masyarakaty, dll) yang
relevan
Argumentasi yang baik :
a)
Relevan
b)
Tersusun dengan baik
c)
Konsisten dan logis secara internal (Argumen
seorang pembicara tidak boleh kontradiktif dengan argumen pembicara lainnya)
d)
Jelas, karena sebuah tim pada dasarnya sedang
berusaha untuk meyakinkan orang lain bahwa argumentasinya benar.
e)
Menggunakan bukti-bukti secara efektif.
Berikut ini panduan untuk menyusun argumentasi yang
baik :
a)
Sedapat mungkin berikan konfirmasi mengenai fakta
yang disampaikan
b)
Bahas permasalahan dari semua sudut pandang
c)
Argumentasi dari penguasa bobotnya tidak besar
karena penguasa sering membuat kesalahan.
d)
Persiapkan lebih dari satu kasus. Dalam menyusun
definisi, pikirkan berbagai cara pe definisian. Kemudian bangun argumentasi
yang dapat digunakan untuk menyanggah kasus tersebut satu persatu.
e)
Jangan terpaku pada satu kasus karena itu adalah
hasil pemikiran anda pribadi.
f)
Kuantifikasi. Argumentasi menjadi lebih kuat
bila dilengkapi dengan data kuantitatif.
7. Rebutal (Sanggahan)
Menyanggah
adalah proses untuk membuktikan bahwa bobot argumentasi tim lawan lebih rendah daripada
yang mereka katakan. Termasuk didalamnya :
1.
Menunjukkan bahwa argumen lawan didasarkan pada
fakta yang salah, atau interpretasi yang salah mengenai suatu fakta.
2.
Menunjukkan bahwa argumen lawan tidak relevan
dengan upaya pembuktian motion.
3.
Menunjukkan bahwa argumen lawan tidak logis.
4.
Menunjukkan bahwa meskipun argumen lawan benar
namun implikasinya tidak dapat diterima.
5.
Menunjukkan bahwa meskipun argumen lawan benar
namun bobotnya tidak terlalu besar.
Seperti
argumen sanggahan juga bukan opini semata. Seperti keharusan tim harus menjelaskan mengapa dan bagaimana
keabsahan argumennya, mereka juga harus menunjukkan bagaimana dan mengapa argumen lawan
dipandang tidak sah.
Berikut ini beberapa panduan menyusun rebutal
(sanggahan) :
1.
Sebuah argumen lawan dapat saja salah karena fakta
dan logikanya. Carilah penjelasannya, bagaimana itu terjadi dan mengapa itu
terjadi.
2.
Sebuah argumen dapat pula kontradiktif dengan
argumen pembicara lain dari tim tersebut, atau merupakan pengulangan dari
pembicara lain. Maka tunjukkan hal tersebut. Kemampuan anda dalam mencermati
pembicaraan tim lawan, dan kemampuan anda untuk mendengarkan sangat berperan.
3.
Sebuah argumen bisa saja benar tetapi tidak
relevan. Cermatilah pembicaraan tim lawan. Sekiranya hal itu tidak ada
relevansinya menurut pandangan anda tunjukkan apanya yang tidak relevan dengan
apa dan mengapa, serta bagaimana bisa tidak relevan.
BAB III
PEMBAGIAN
KERJA TIM
Debat adalah
kerja tim, oleh karena itu seharusnya ada pembagian kerja yang jelas antara
ketiga pembicara. Sehingga argumen-argumen yang diajukan penyampaiannya dibagi
kepada ketiga pembicara atau dengan pengertian lain, pembagian tugas adalah
pendistribusian argumen kepada masing-masing pembicara.
Pembicara
Pertama
. Pembicara Pertama Tim Afirmative
- Menyampaikan dan Mendefinisikan motion ( latar belakang terkait
berita aktual)
- Menyampaikan benang merah argumentasi Tim
Afirmatif (
theme line)
- Memaparkan pembagian kerja tim
- Menyampaikan argumen pertama
- Menyampaikan ringkasan dari pidatonya
. Pembicara Pertama Tim Negatif
- Menanggapi definisi yang disampaikan Tim
Afirmatif (Menerima atau menentang)
- Menyanggah lawan
- Menyampaikan benang merah argumentasi Tim sendiri
- Memaparkan pembagian kerja Tim sendiri
- Menyampaikan argumen utama
- Menyampaikan ringkasan dari pidatonya
Pembicara
kedua
Pemb. kedua berperan menyajikan argumen pokok untuk
memenangkan debat
. Pembicara Kedua Tim Afirmatif
Menyanggah argumen utama tim lawan
Menglirifikasi lagi argument
tim sendiri
Menyampaikan argument utama
Menyampaikan ringkasan dari pidatonya (kesimpulan )
. Pembicara Kedua Tim Negatif
Menyanggah argument pokok tim
lawan
Menegakkan argumen tim teman
(supporting )
Menyampaikan ringkasan ( kesimpulan ).
Pembicara
Ketiga
Tugas utama pembicara ketiga adalah menyanggah
lawan
. Pembicara Ketiga Tim Afirmatif
Menanggapi dan menyanggah second speaker
(lawan )
Mempertegas sanggahan yang disampaikan oleh tim sendiri
Menegaskan / mengklarifikasi kembali
argumentasi Tim sendiri (speaker 1 dan 2)
Meringkas pokok-pokok permasalahan yang
diperdebatkan.
Memberikan contoh dan
bukti-bukti
Menyimpulkan apa yg telah di
sampaikan
.
Pembicara Ketiga Tim Negatif
Menyanggah argumentasi ketiga pembicara Tim lawan
Menegaskan kembali argumentasi Tim sendiri dengan
mengulas secara selintas benang merah ( theme line )
Meringkas pokok-pokok permasalahan dan memberikan contoh
Tidak boleh menyajikan pokok permasalahan.
Reply
Speaker (Pidato Balasan)
Pidato balasan merupakan pidato penutupan
masing-masing tim yang memberikan ulasan mengenai keseluruhan debat.
Berikut ini panduan untuk menyusun pidato balasan :
Ø Menegaskan
pokok-pokok utama argumen tim sendiri (overview)
Ø Menunjukkan
kaitan logis dari argumen tersebut menuju pembuktian benang merahTim sendiri (kelebihan dan kekurangan )
Ø Menunjukkan
secara lugas kekurangan dari argumentasi tim lawan. Hal ini dapat dilakukan secara umum maupun secara rinci.
Ø Pembicara
tidak boleh menyajikan pokok permasalahan baru, dan tidak boleh juga melakukan
penyanggahan terhadap pokok-pokok yang disampaikan dalam pidato.
Ø Menekankah bahwa argument tim sendiri lebih bagus
dan berhak untuk menang berdasarkan kelebihan tim,
Note : Reply speaker tidak
boleh meributle,hal-hal atupun contoh baru..
“SYSTEM-SYSTEM DALAM DEBAT BAHASA
INGGRIS”
BPS =
BRITISH PARLEMENTARY SYSTEM
APS = AUSTRALIAN PARLEMENTARY SYSTEM
AAPS = AUST-ASIA PARLEMENTARY SYSTEM
BPS
Biasa di gunakan di level universitas
APS
Biasa di gunakan di level SLTA
AAPS
Biasa
di gunakan di level SLTA
AAPS
AFFIRMATIVE TEAM OPPOSITE TEAM
FIRST
Repley
|
Repley
|
“Adjudicator
Sheep”
Matter
(Content) 40%
Manner
(Style) 40%
Method
(Strategy) 20%
|
” The Thing
in Debate”
Motion
Background
Definition
Time
split (kompromi)
Argument
Closing
rebuttle
|
SISTEM
DEBAT ASIAN PARLEMENTARY
Mosi adalah topik atau judul perdebatan yang akan diargumentasikan.
B.
Tim
Dalam sistem parlemen
asia, terdapat 2 tim yang saling berlawanan dalam satu pertandingan yang
masing-masing terdiri dari 3 pembicara
C.
Waktu Pidato
Setiap pembicara
disediakan waktu 7 menit 20 detik untuk memberikan pidato. Satu orang dari
setiap pihak PRO dan KONTRA diberikan waktu 4 menit untuk
memberikan sebuah pidato jawaban (reply speech). Tugas pembicara yang
menyampaikan pidato jawaban adalah menyampaikan pidato dengan menggunakan sudut
pandang juri, mengapa timnya harus menang.
D.
Kriteria Penjurian
Sistem
ini dinilai oleh sebuah panel juri yang beranggotakan 3 orang
(direkomendasikan) atau lebih berdasarkan criteria berikut:
1. Matter
(40) –
Mengenai substansi debat, argument dan bukti-bukti yang
disajikan, penalaran logis, dan penyampaian
argument.
3.
Manner (40)–Gaya penyampaian pidato, keahlian persuasi,
dan
tindakan peserta
4. Method
(20)–Respon yang dinamik dari debat dan kesesuaian dari
prinsip-prinsip debat
E.
Ada Dua Tim yang bertanding :
Setiap tim terdiri dari 3 orang, sebagai berikut :
Tim Affirmative :
1.
Pembicara pertama, membuka debat,
mendefinisikan mosi, dan
memaparkan
argument
2.
Pembicara kedua, menyanggah
pembicara pertama dari tim negative,
menguatkan
argument
pembicara
pertama tim positif dan memaparkan argument
3.
Pembicara ketiga, menjawab
sanggahan dari tim negative dan
merangkum
argument-argumen tim positif
Tim
Opposite:
1.
Pembicara pertama, merespon
argument dari pembicara pertama tim
positif,
memaparkan argument. Boleh menolak definisi jika definisi yang dijelaskan tim
positif tidak masuk akal.
2.
Pembicara kedua, menyanggah
pembicara kedua dari tim positif,
menguatkan
argument pembicara pertama tim negatif dan memaparkan
argument
3.
Pembicara ketiga, menjawab sanggahan dari tim positif dan
merangkum
argument-argumen tim negatif
Alokasi
Waktu
Setiap
pembicara diberi waktu rata-rata 5 -7 menit untuk menyampaikan argumennya. Satu
pembicara dari masing-masing tim (pembicara pertama atau kedua) diberi tiga
menit untuk menyampaikan reply speech.
BAB IV
TEKNIK
MERUMUSKAN SEBUAH KASUS
1. Teknik merumuskan kasus
Perumusan
kasus adalah proses mempersiapkan sebuah kasus untuk
diperdebatkan.
Kasus adalah kumpulan argumentasi, logika, fakta-fakta,
contoh-contoh,
dan pernyataan-pernyataanyang digunakan untuk
membuktikan
suatu hal.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan
sebuah kasus :
1.
Mendifinisikan suatu motion.
2.
Mempersiapkan landasan argumen.
3.
Memberi tugas kepada tiap pembicara mengenai
argumen yang akan mereka bawakan dan sekaligus untuk membuktikan suatu motion
dalam debat.
4.
Menemukan dan menganalisa argumen, fakta,
contoh-contoh, dan lain-lain. Baik untuk mendukung kasus timnya ataupun untuk
menyanggah kasus lawan.
5.
Mempersiapkan pidato individu.
Contoh-contoh Teks Debat dalam dan Artinya
.
THW Believe That Cell Phone Dangerous
Speaker 1 positive team:
I believe that the use of
mobile phones is very dangerous because the cell phone can cause some problems
and threats human life. Those threats are: mobile phones are harmful for the
safety of its users and social and family life.
Artinya
Saya percaya bahwa
penggunaan ponsel sangat berbahaya karena ponsel dapat menyebabkan beberapa
masalah dan ancaman bagi kehidupan manusia. Ancaman tersebut adalah: ponsel
berbahaya bagi keselamatan pengguna dan kehidupan sosial dan keluarga.
Speaker 1 negative team:
I do not agree that the use
of mobile phones is very dangerous. But instead the cell phone is very useful
for human life. I think cell phone users who do not have responsibility that
causes the phone can endanger their own lives and others.
Artinya
Saya tidak setuju bahwa
penggunaan ponsel sangat berbahaya.Namun, sebaliknya ponsel sangat bermanfaat
bagi kehidupan manusia. Menurut saya pengguna ponsel yang tidak bertanggung
jawablah yang menyebabkan ponsel dapat membahayakan kehidupan mereka sendiri
dan orang lain.
Speaker 2 positive team:
No I don’t agree with you.
I think cell phone that endangers the users. We can see nowadays, cell phone is
not only used by adults but almost every age have been using cell phones. Even
children who are still in school in kindergarten were already using the phone.
These under age users are the one that is very vulnerable to accept the impact
of hazards from mobile phones. We can see lot accidents happening in highway
caused by cell phone are from teenager. They are as if addicted to checking
their phones anywhere, including on the highway while they’re driving. This is
what causes them lose concentration and result the accident. That is why we
must ban driver bring the cell phone while driving. So it will reduce the
number of deaths on the highway because of the phone.
Artinya
Saya
pikir ponsellah yang membahayakan penggunanya.Kita bisa melihat saat ini,
ponsel tidak hanya digunakan oleh orang dewasa tapi hampir setiap umur telah
menggunakan ponsel.Bahkan anak-anak yang masih sekolah di TK sudah menggunakan
ponsel.Pengguna di bawah umur ini adalah salah satu yang sangat rentan untuk
menerima dampak bahaya dari ponsel.Kita bisa melihat kecelakaan banyak terjadi
di jalan raya yang disebabkan oleh ponsel.Mereka seakan kecanduan memeriksa
ponsel mereka di mana saja, termasuk di jalan raya saat mereka mengemudi.Inilah
yang menyebabkan mereka kehilangan konsentrasi dan hasilnya kecelakaan.Itulah
sebabnya kita harus melarang pengemudi membawa ponsel saat mengemudi. Sehingga akan mengurangi
jumlah kematian di jalan raya karena ponsel.
Speaker 2 negative team:
If you say that cell phone
endanger the users. This is not fair because there are still many people out
there who can use it responsibly. Users who do not take responsibility are the
trouble maker because cell phone will not operate itself; it needs someone to
operate them. In the case of the car accident, the users who do not take
responsibility are guilty because they operate it in the wrong time. Responding
to your idea about banning the driver for carrying a cell phone is not
appropriate. Precisely phones can be beneficial. For example when see accident
happen on the high way, other drivers can call the police or ambulance to help
him. The study also shows that cell phone is not the cause of the accident on
the highway. However, activities that disrupts the concentration which caused
the accident. This means not only using mobile phones, but also doing other
things like makeup, combing hair or talking while driving is also dangerous.
Artinya
Jika Anda mengatakan bahwa
ponsellah yang membahayakan pengguna. Ini tidak adil karena masih banyak orang
di luar sana yang dapat menggunakannya secara bertanggung jawab. Pengguna yang
tidak bertanggung jawab adalah pembuat masalah itu karena ponsel tidak akan
beroperasi sendiri; perlu seseorang untuk mengoperasikannya. Dalam kasus
kecelakaan mobil, pengguna yang tidak bertanggung jawab yang bersalah karena
mereka mengoperasikan ponsel di waktu yang salah.Menanggapi ide Anda tentang
pelarangan membawa ponsel bagi pengemudi tidaklah tepat.Justru ponsel dapat
bermanfaat. Misalnya ketika melihat kecelakaan terjadi, pengemudi lain dapat
menghubungi polisi atau ambulans untuk membantunya. Penelitian juga menunjukkan
bahwa ponsel bukanlah penyebab kecelakaan di jalan raya.Namun, kegiatan yang
mengganggu konsentrasilah yang menyebabkan kecelakaan.Ini berarti tidak hanya
menggunakan ponsel, tetapi juga melakukan hal-hal lain seperti makeup, menyisir
rambut atau berbicara juga berbahaya.
Speaker 3 positive:
Not only endanger while
driving, other evidence of cell phone that can be deadly is cell phone disrupts
their social life and family life. Currently cell phone is the one who closest
to the users. They prefer to interact with the phone rather than interact with
the people around them. This causes them to be indifferent or anti-social. Good
things such as greeting, smile, and ask the person they meet had been lost in
their social life. They move to the use of social media that can be accessed
through mobile phones to interact so that it keeps them away from the people
around them. In family life, they become too individualistic. There is no thing
such as a family discussion, quality time with family like eating together,
joking with family and other things that can strengthen family relationships.
Even today at home the whole family are busy with their own phones.
Artinya
Tidak hanya membahayakan
saat mengemudi, bukti lain dari ponsel berbahaya adalah ponsel mengganggu
kehidupan sosial dan kehidupan keluarga mereka. Saat ini ponsel adalah orang
yang paling terdekat dengan pengguna.Mereka lebih memilih untuk berinteraksi
dengan ponsel daripada berinteraksi dengan orang-orang di sekitar mereka.Hal
ini menyebabkan mereka menjadi acuh tak acuh atau anti-sosial.Hal-hal baik
seperti menyapa, senyum, dan bertanya dengan orang yang baru mereka temui telah
hilang di dalam kehidupan sosial mereka.Mereka pindah ke penggunaan media
sosial yang bisa diakses melalui ponsel untuk berinteraksi sehingga membuat
mereka menjauh dari orang-orang di sekitar mereka.Dalam kehidupan keluarga,
mereka menjadi terlalu individualistis.Tidak ada hal seperti diskusi keluarga,
waktu berkualitas dengan keluarga seperti makan bersama, bercanda dengan
keluarga dan hal-hal lain yang dapat memperkuat hubungan keluarga.Bahkan saat
ini di rumah seluruh keluarga sibuk dengan ponsel mereka sendiri.
Speaker 3 negative:
The loss of good norms in
the family is not caused by cell phone. We do not agree with what you have
said. Good social life and harmony in the family depends on the personal
qualities and family itself. People are not going to be indifferent if they are
more concerned about their environment. Actually mobile phones can help their
social relations by means of interacting tools anywhere and anytime. In family
relationships, harmony can be achieved by giving more attention to others
members of the family. In this case parents that should supervise their
children. If they care and prioritize the family discussion, their children
will not hesitate to share the problem to them. In this case the cell phone can
create harmony in the family by being a tool or a link between the families.
For example, by using cell phone parents know their family members’ condition
wherever and whenever.
Artinya
Hilangnya norma-norma yang
baik dalam keluarga tidak disebabkan oleh ponsel. Kami tidak setuju dengan apa
yang Anda katakan. Kehidupan sosial yang baik dan harmonis dalam keluarga
tergantung pada kualitas pribadi dan keluarga itu sendiri. Orang-orang tidak
akan menjadi acuh jika mereka lebih peduli terhadap lingkungan mereka.
Sebenarnya ponsel dapat membantu hubungan sosial mereka dengan cara menjadi
alat berinteraksi di mana saja dan kapan saja. Dalam hubungan keluarga,
keharmonisan dapat dicapai dengan memberikan perhatian lebih kepada anggota
lain dari keluarga. Dalam hal ini orang tua yang harus mengawasi anak-anak
mereka. Jika mereka peduli dan memprioritaskan diskusi keluarga, anak-anak
mereka tidak akan ragu-ragu untuk berbagi masalah mereka. Dalam hal ini ponsel
dapat menciptakan keharmonisan dalam keluarga dengan menjadi alat atau
penghubung antara satu sama lain dalam keluarga. Misalnya, dengan menggunakan
ponsel orang tua bisa mengetahui kondisi anggota keluarganya di mana pun dan
kapan pun.
Reply Speaker negative:
Based on the arguments
which we have stated, once again we strongly disagree with the statement that
cell phone is very dangerous to human life. Cell phone can help by providing or
informing information quickly, helping users interact with each other and
control their family members wherever and whenever.
Artinya
Berdasarkan
argument-argumen yang telah kita sampaikan, sekali lagi kami sangat tidak
setuju dengan pernyataan bahwa ponsel sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.
Ponsel dapat membantu dengan memberikan atau menginformasikan informasi dengan
cepat, membantu pengguna berinteraksi satu sama lain dan mengontrol anggota
keluarga mereka di mana pun dan kapan pun.
Reply Speaker positive:
Considering the arguments
which we have expressed, we remain stand on our opinion that the cell phone is
very dangerous to human life. Cell phones can cause accidents on the highway,
disrupt social relationships and family of its users.
Artinya
Mempertimbangkan
argument-argumen yang telah kami utarakan, kami tetap berdiri di atas pendapat
kami bahwa ponsel sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.Ponsel dapat menyebabkan
kecelakaan di jalan raya, mengganggu hubungan sosial dan keluarga penggunanya.
Motion:
THBT SMK Is Better Than SMA
1st Speaker Of Affirmative team:
I strongly believe that SMK is better than SMA. SMK is a school in
Indonesia that focusing on its major to create new freshmen that have both
skills and knowlege in their majoring. SMA is a school in Indonesia that
focusing only in the knowlegde in their majoring.
So that is why SMK could get more easier job by their majoring
basedon its peupose and motto “SMK Bisa”. But SMA students need to continue
their study to college level to focusing on the majoring and than they could
get the job by it. The implicative of SMK can rechanged the new high and
fastest level on education in reaching the best solution on jobless in
Indonesi.
1st Speaker Of Negative team:
I don’t agree with the motion that SMK is better than SMA. By
seeing its quality of education SMA has higher level on quality far from SMK.
SMK is a new sistem program created by goverment to make a ready-freshmen
worker. But in fact, the its quality is opposite to their misiion. But you can
see the sistem of SMA in Indonesia. They focus on only knowledge, but the
school can create a good quality of its purpose so they take 85 person quotes
in the University level.
2nd Speaker Of Affirmative team:
Rebuttle: No, i don’t agrre with you. You
thought and said that both sistem is different. But then you said the its
purpose was failed by seeing SMK point of view. You can’t compare the
persentages of the number of students that accepted in University with the
persentage of freshmen woker of SMK in knowledge. You must see how big the
number of dreshmen from SMK that being accepted to be employees in company!
I would like to delivered my sPeech from the effectiveness of SMK
on creating qualified worker.
SMK took an unique education sistem that they do acceleration on
how student after graduation from school can directly get a job and qualified.
If you see that SMA, they need 4 years more to get a job after the graduation.
It means that SMK get effective way on create new qualified worker than SMA.
2nd Speaker Of Negative team:
Rebuttle: I dn’t agree with the material
on delivering of 2nd speker of affirmative tem. He doesn’t know how big
freshmen from SMK who failed on applying a job. SMA also can directly get a job
after they graduate from high school. It means the effectiveness of your
delivery still non sense.
But seeing on my point of view, the SMA is a doubled degree of
graduation.
You can easily continue to the university level easier than SMK
and you can get a job as you want. It means, if you failed from the examination
of application on university and you need a money. You can make a money to
apply in the company.
So many company accepted from freshmen of SMA. So this proves to
us that SMA is better than SMK.
3rd Speaker of Affirmative team:
Rebuttles:All the materials that negative
team talking about is silly and can not be taken as fact. Thay don’t see why
the goverment make the 60:60 SMK:SMA in the future by 2008. It just because the
SMK is the new hopes to Indonesia and applicable on education to create a new
freshmen and worker on company without taking first college level degree.
So by seeing my team who delivered to you before adjudicator, we
are take a red line on how good SMK to get more easier job than SMA with their
major they have. And my second speaker said that the effetiveness of SMK
student to be qualified worker. Let’s us imagine that Student of SMK from
automotive engineering can work as mechanic. But the student from SMA cannot
work as mechanic even just apply to the company by its requirement. It means it
is so effective.
3rd Speaker Of Negative team:
Rebuttle: If yes the SMK is better, why the
image of good quality is taking by SMA level. Does it proven you? So all the
rebuttle of 3rd speaker is still can not prove their team.
The higher level is the higher qualified. So when SMA student took
higher level on college degree. They would have good qualified on working. So
that is why the student from SMK if work in the company just can be a low level
position like mechanic, shop keeper,etc. But ehen student of SMA graduate from
University they applied to company they work as manager of workshop (Leader of
mechanic), and Manager of Shop (leader of shop keeper). So this proves that SMA
better than SMK.
Reply Speker of Negative team:
By seeing my team’s point of view. We straightly go to the red
line on how effective of SMA levels on creating better freshmen. So for the
adjudicator time is yours.
Reply Speaker of Affirmative team:
We still absolutely believe that SMK is better than SMA because of
its sistem, how effective to create qualified worker after graduation. So
please win for us the adjudicator.
This
House believes that National Examination should be abolished
1st
Speaker Government/ Affirmative
Good morning
ladies and gentlemen. Thank you for the opportunity.
Next, I would like to give our motion today. Our motion today is “This
House Believe That National Examination Should be Abolished” . The
definition of Motion is:
- Natinal examination:
a standard evaluation system of primary and secondary education in a
country.
- Abolished:
to get away, to erase element/particle from system.
- This
whole definition is : We on affirmatife
team, strongly support that the national examination to get away or to be
erased from education system in indonesia for goodness all elements.
From the motions, we will give our theme line: That we as
the affirmative team absolutely agree that the national examination should be
or be erased from education system.
Then our parameter
today is that we just talk about the national examination is my country,
Indonesia.
Well continue to our team split: I’m RODIMAN as the first speaker I will deliver my argument from impacts for
students/students parent perspektive. And HARMONI as a second speaker, who will deliver arguments from negative impacts
for schools and education levels perspective. And last SITI
TOHAROTUN as a third speaker who will deliver more
proof and brief summary of our arguments.
Next ladies
and gentelmen, I would like to give my argument from individual perspective,
we have 2
points:
First point is National Examination
give negative impacts for student heathly, because national examination be a
standard graduation from the schools, students beharder to study before ready
to face UN. So far, national examination becomes a dilemma for student who will
past a exam. On one hard, it can make studentstudy hard before they are face to
face with the exam, but on the distrub then healtly many student had sick befor
they are face to exam.
Monday, 16 April 2012, Hendry Kusria a student in SMK BNKP Sirambu
Nias. Dead while be was doing the national examination. Secretariats of minister
of education in north Sumatera provincesay that he was dead because have a
complication discasise are brochitis, lier and impertence forfrom before
national examinationbeheld. He was supported from his parents to do the
national examination.
From the evidence it clearly that national examination they think
they can pass or not and whethe national examinations report release and they
are not able to pass, they will get stress and do many was, wrong or right way.
For example, myfriends she got stress before she face the national examination,
and distreub her memorize because she forget she got wont to havebreakfast in
the morning because she too much think about preparation of national
examination.
We can see, national examination give negative impacts in individual
perspective to students healty, psycology and their parents, too so
national examination should be abolished we his to propose.
Thank you
ladies and gentelmen, that enough for my arguments. It will be continued by the
second speaker later.
1stSpeaker
Opposition/Negative
Okay, ladies and gantleman. We are from the the opposition team,
that against this motion. We are strongly disagree that UN should be
abolished. Before we deliver our points of arguments I want to introduce
our teamline and teamsplit.
Our team
line is we just strongly oppose that UN should be abolished in my country
Indonesia.
And our team split I’m IRWAN ROSIDI the 1st speakers
that and refuse the affirmative side. And deliver argument in individual
puspective and HALLANI as second speaker who will repuse the
points affirmative and deliver argument from economic, social, and education
respective and last HURNIATA as the third speaker that rebuttals the all points of
affirmative side and brief summary our argument reply speech by me.
Next ladies and gantleman first, I will refuse the affirmative
side and then RODIMAN will give
our points. We wiil show the good split, because we are the best soulmate?
1. The first points was health.
They said that UN give negative impacts for students healthy. Because UN be a
standart graduation from the school we halce to responses, it clearly that is
not on by UN be standart graduation from the school. But from 2010 in
Indonesia. The minister of education firm up the roles that graduation will determine
from60% result of UN 40% result of UAS. And if we UN think that UN is only one
to deternine the graduation, we sure feel stress but factually is not true. UN
is not only one to determine graduation UAS be an important scone too.
2. Their second point was
psychology they said that national examination can disturb the students
psychology. We have to responses, first 1 the porpose of an exam in school, UAS
or UN is to practice our mental to pace the vations exam this is very usefull
to continue higher education abd get work doatest. Basically, UN and us are
same, its differences are UN make from capital by kemendigbud and UAS from
school. Government try to show the fairmuse for all students in Indonesia so
they firm up UN disturb students psychology ? it’s just parlittle part of all
students in Indonesia it connot be areason to abolish UN. UN can give positive
impact for all elemen for the affirmative argument let’s us see best argument
of student, teacher, parents and government
Thank you Rodiman
Thank you Rodiman
Nexy ladies
and gentelmen i will deliver our points in individual i perspective. We have
there points.
On the first point, UN can be score competition among the
students. The score competition whice pust the students to do their but, with
the time, ways absolutely, study harder and take a courses before fact
the national examination and having a study guidance t the school diligently.
For example
in SMAN 1 Simpang Empat from
november all students have a study guedenc at the school, to prepare to fact UN
6 subjects UN are math, indonesia, englis, biology, physic, and chemistry that
they pust prepare they do many various qustion with their teacher trough vaious
metode. We can see, it clearly that UN can when their ability, intellegency,
and competence trough a score competition of UN with high motivation and strong
beliefe so, it can fix the character of students especially in study harder to
reach their dreams. UN also helps in delceiping one’s own personally and
convidence. On the second point, UN to knowing the student’s competence, if we
know our abillity and competence we will to continue hig her education
or get a work easity (university) and the third point, UN helps to get sholat
ship which will bring to have a good job i’iy senior in junior hing school, M.
Aditya Rulianyah get a sholar ship to continue senior hing school in Bandung
because has got the best score UN in SMP. And now he is in turlay to continue
higher education that in univesity because he get hest score in UN for senior
its again from evidence.
See advantages UN for students are very WOW and they can be a
motivation for me and for you as a student, without exams student would be more
and more stupid, lazier and less motivated to learn. okey ladies and
gentelmen, I’ll keep my stance and back to propose.
ThankYou
2ndSpeaker
Affirmative
Ladies and
gentlemen. I’m as the second speaker affirmative. At the first i want to refuse/rebuttle the opposition side I have 3
points.
First you
said that UN can be a score competition of UN he have responses. Do you
think a score competition of UN is good ?
No, a score
competition is not good especially for our country Indonesia in fact, you
know and you can see that many student make cheats and buy the answer key
before they face the national exams they do that because they want to get best
score of a score completion UN like you have said.
Like you
have said
Second you said that it can fix the character personality and
convidence students. We have to response it really wrong. Basically UAN is a
test thyat multiple choice but the roles of UN are very make difficualt for
students and it can their convidence be down and their spirit be down too best
they very fraid, nevous make cheats and buy the answer keys, they are not good
habit but dangerous habit, it is a simply pactise of dishone. It is absulutley
can andemine and decreases the moral students as the ypung generation.
Third, you said that UN can be used to knowing the students
coupetence. We are to responses chargingstudents with UN as graduation
stipulation is not a best wary to improve studen’ts competance. UN I have 6
subjects how the studens does not have potenly between 6 subject? It is not
fair for some students that have potaniy in other subject. Such as history,
Islamic and other ladies.
I have refused the opp side and then i will deliver aguments in
economic, social, education, perspeetive. I have 3 poins on the first point. In
economic perspective. From the first implementation of un until last year, UN
make big expediture for studens parents school and goverment especially
goverment to face UN and get best score students need many things and they
absolutly need a lot of money such as take a courses, buy tools, buy some books
and even the key answe too. They are not cheap especlally key answe, certain
people sell the answer kets before or while face the UN with expensive cost ,
that is about millior, we know that many student’s pareats in indonesia have
diffecully of condition of economy.
On the second point, in social perpective. Preparry UN need many
time to study, practise and prepare i they can make the student’s can not play
they will always in house because they are very fraide if they can pass UN or
not it can make the students does not sleep and having breap fast lunch and
dinner regulary and if they have got bad result it will affect their feturu
from the fist implementation of UN until last year, we haven’t seen the result
UN used require the experrsive cost buy the result is only doubt and
uncertainty as ne can see, last year the education and caltuns minister, say
government. Spent expensive cost that is about billion ruplans and factually
the billion rupians yield many cause of iligal way that be done by sone school.
In 2008 while the second day of UN there is a practise of dishonest from 16
teachers SMAN Lubuk Pakam 2
From
evidence it clearly that expensis cost that was spent by goverment doesnt have
the positive result for students beg to propose so i’m strongly agree with this
motion beg to perpose. J
2ndSpeaker
Opposition
Hello ladies
and gentleman. I’m the 2 nd speaker opposstion will oppose the affirmative
side.
National examinations have positive impacts for all elements. so,
moreover many country in a world use national examination a standart graduation
in their education development. So, why national examination should be
abolished? Is there better way if without national examination? I belive there is no, until a
better form of demonstrating know legde comes along , UN must be still
best pleace at the first , I want to refuse the AFF side, you said that UN
Make big expenditure for students parents like take a courses ,
buy books and key answer we have to responses.that
is not true . first students should not to take a courses because school always
help the study guidare after in every years.second, students is not advisable
to by book, ducation minister time give many helping for all schools in
Indonesia, especially books . so, students enough study ang borrow some books
from library in their school.and key
answere . It is not necessary because it is a farlt in process of national
examination, it needs an extra socialitation so, students but it is not reason
to abolish UN from curriculum of education an Indonesia because there is still
many students ta=hat do a true way to prepare the national examination
On the second point , you said that UN doesn’t have positive
result as a burgeon country , Indonesia still need time to adapt with national
examination until Indonesia can make the best method of help of national
examination
With the result, kemendigbud can map the education levels and
knoeing condition of education development
Okay, I have
refusedthe AFF side, now I will
deliver my argument education development in Indonesia . national examination
as a form that is used by government to slow a fairness to all student in
Indonesia
National examination made by professional person in kemendigbud
far before the national examination be help, kemendigbud give some lattice of
national examination
10 SMA tahat
get the highest scores in indonesia , according the evidence, government can
helping and make the comparison of education development in Indonesia
Secondly,
must national examination government van devide education budget for every
school in Indonesia fairly we can see, last year SMAN that get the highest
scores get many advantages 8 of to 10 from government . Thank you
3rd
Speaker Affirmative
Hello ladies
and gentlemen
I’m Siti Toharoh as the third speaker
affirmative.
I have 7
points that I’ve found to rebut the opposition team.
– First,
you said that national examination can be a score competititon among the
students.
Do you think
it’s good ? No for the students in Indonesia because it’s just a little part of
million of students in Indonesia use the honest manner to pass the exams.
– Second,
you said that national examination to knowing the student’s competence. Many
ways and procedure to knowing the student’s competence such as practice ,
debate, discuss and many other.a potential of student not only determine trough
the multiple choice test like national examination. But in education, we need
to know the process, procedure and their practical in day life. National
examination just give the doubt result so how can I know our
potential with the doubt result ?
– Third,
you said that trough national examination government can knowing the education
development in Indonesia.
I have
explained that an education need a process, just not a result .it is just make
government easily. But many elements that disagree with the result’s of
national examination because the know the real condition of national
examination’s held.
– Forth,
you said that national examination is an effective system for education in
Indonesia. Moreover many other countries that use the national examination as
the graduation standard.
In
basically, the national examination is good for education in their country. But
it’s not an effective for education system in Indonesia. Before use the
national examination, The government shoul fix the educational units’ quality
in Indonesia such as the teacher quality, Kemendigbud’s work and the other
education’s system.
– And
fifth, you said that if a person pass the national examinations and get a
good scores, he/ she will get the scholarship. It is not fair for the other
clever students that have good potential too. It do not shows they that have
got the good result use the honest manner. As we know, facts in ndonesia shows
many dishonest practices that for the national examination’s held such as make
cheats, use the electronic tool or use the key answer. Moreover, many teachers
do the dishonest practice too, to help their students while national
examination comes along. And more, how the students that have got the bad
result ? it will cause the problem m in their future. Moreover, if they didn’t
pass the exam, it candisturb theirpyschology.
60% : 40% it
don’t helps because 60% is more that 40%.
– Sixth,
you said that trough National examination, government can shows the fairness
for all students In Indonesia. That is not fairness. Let’s we compare the
education in border and underprivileged areas with big cities in Indonesia.in border and underprivileged areas,
the education facilities and learning resources are limited while the big
cities have very complete education faicilities and broad success to get the
good learning.
– And
last, you said that without exams students would be more and more stupid,
lazier and less motivated to learn. It’s really and really wrong because
national examination that cause the students would be more and more stupid,
more and more lazy, more and more dishonest and absolutely decrease the
student’s quality in Indonesia. To know the student’s ability, government
should measure the process, just not a result.
In fact,
what did we expect from national examination yield ?
National examination is compatible for the other country, but it
is not compatible for education’s system in Indonesia. We can graduate from
school or not just by passingan exam, which is held in 3-6days and with
standard scores from education ministry.
How about learning process for 3 years that have ben done by
students ? does it mean nothing ? and do you agree wth that ? No , absolutely
No because because national examination will broke the process which during
this followed bystudents. A absolutely decrease the student’s character.
National
examination makes the negative impacts are more thin Indonesia.an the positive impacts for all
elements and also for education’s development in Indonesia.
So, we are
the affirmative team strongly agree with this motion that National Examination
should be abolished.
Thank you
3rdSpeaker
Opposition
I’m as the
third speaker opposition
Hello ladies
and gentlemen
Now I’m acting as the third speaker will
summarize our best argument for our disagreeing to the motion.
At the firs,
I will refuse the opposition side. I have some points.
On the first
point, give the negative impacts for student’s health? it’s wrong. It is the
little part from all facts. There is still many students that feel advantages
of national examination.
On the second point, they said that national examination can
disturb the student’s psychology. But you don’t see some students that have the
true way to face the national examination. It’s not a reason to abolish
National Examination. Basically, national examination is same with the other
exams? the other exam that in form essay but national examination no! it is
made in form multiple choice. Or do you have the other method if without
national examination?
Then I will
mention some advantages of national examination for all elements according
arguments that have been delivered by the 1stOpp and 2ndOpp.
First, For
students
:
1.
knowing their ability and performance
2.
national examination may encourage people to work and learn
3.
create the competition score which push the students to
their best
4.
helps in developing one’s own personality and convidence
5.
if a person pass the exam and got the good result, it helps
to get scholarship which will bring to have a good job.
Second, for
schools
:
1.
Trough national examination the teachers can get the
feedback of the student.
2.
School can decide the best students untuil stupid students
easily
3.
If the schools have the best students they will get the
appreciation from government or usually we call Kemendigbud
Third, For
Government :
1.
Mapping the quality of programme and or educational units
2.
The basic of selection in to the next educational level
3.
Give the appreciation for best shool and best students
easily
So, should
we abolish the national examnation ?
No , absolutely no. because without exams student would be more
and more stupid, lazier and less motivated to learn. With that argument that
has delivered, we are from opposition team strongly disagreeing with that
motion. National examination should never be abolished.
Thank
you
Reply
speech Opposition
Thanks you
ladies and gentleman
Now I want
to deliver our reply speech. Once again I say that, we are strongly disagree
with the motion that the UN should be abolished at the first, I want to deliver
a summary of our point of view.
1.UN give many advantages for all elements, students, school and
government too.
2.UN is an effective system that compatible for condition of
education in Indonesia
3. UN is a fairness that government has been showed for students
And just I
will explain
why the national exam should not be abolished
1. UN will increase student’s human resourcesquality
2.UN can be an indicator of students
3. and with UN the gon, in this case ministry of education and
culture will be able to know what aspect of study materials that need to be
improved
4. as the burgeon country, indonesiaa, UN is compatible for
education system in Indonesia
According
our point of view. We still strongly disagree if the UN should be abolished.
There is not other best solution for increase the aducation’s quality
Thanks you
Reply
Speech Affirmative
Reply speech Affirmative
Hello Ladies and Gentelment
Now I would like deliver our reply speech’s affirmative,.
Before I deliver it, I will to convince you that UN is not an
effective way for education’s development in Indonesia.
1. For students, UN not give the positive impacts fairly.
2. You said that UN is an effective system, but in fact, UN is not
an effective
system for education in Indonesia.
3. You also said that UN can increase the students human resources
quality, but with a doubt result, UN can decrease the students human resources
quality, because trough UN many students do the dishonest pradises such as buy
the key answer.
So, what did
we exped from national examination yield ? doubt result ? Decreasing the
students character ?
No, absolutely
no.
Before use the UN as a graduation standard national examination
test to assess students learning in primary high school until high school
level, kemendigbud and ministry of edv. And culture will search the best
systems to fix the educational units in Indonesia.
One more we
are from the aff team absolutlely agree with this motion that UN should be
abolished Thank you ladies and gentlemen.
Cara Cerdas
Menangkan Debat
Cara Cerdas Menangkan Debat mungkin sangat dibutuhkan oleh orang yang akan
berkompertisi debat. Dalam Menjalani kompetisi debat harus banyak strategi yang
dipersiapkan agar menang dalam debat.
Oleh karena itu saya yang juga pemula dalam dunia ini mau berbagi sedikit tentang cara cerdas memenangkan Debat .Sebenarnya intinya hanya satu jangan terbawa emosi dan lakukan sesuai rencana.
Oleh karena itu saya yang juga pemula dalam dunia ini mau berbagi sedikit tentang cara cerdas memenangkan Debat .Sebenarnya intinya hanya satu jangan terbawa emosi dan lakukan sesuai rencana.
1. Siapkan
Materi Selengkap Mungkin
Debat itu ibarat kamu sedang berperang. Ya berperang
argumentasi itulah yang terjadi.Untuk memenangkan sebuah perang dibutuhkan
persiapan yang matang.Kalau perang sebenarnya disiapkan prajurit tank dll.Kalau
ingin berdebat juga harus disiapkan materi-materi yang baik yang bisa membuat
musuh kamu nanti bertekuk lutut. Carilah di internet dan lihat dari berbagai
sisi seperti sisi kesehatan,pendidikan dll
2. Jangan
Grogi
Hal ini sangat penting, mengingat
ketika anda mulai gugup maka sesungguhnya secara tidak sadar, anda telah
membuat lawan anda menjadi di atas angin dan posisi anda menjadi tertekan.Hal
ini berlaku sebaliknya juga, ketika anda terlihat sangat rileks, maka anda
telah menaruh tekanan pada lawan anda. Hal ini berlaku untuk sebelum maupun
pada saat debat berlangsung. Apalagi pada saat berdebat, ketika dalam
posisi yang terdesak sekalipun, tetap pasang tampang PD dan yakin. Sehingga
walaupun argumen kita masih kurang baik dibandingkan lawan, namun kita masih
dapat mempengaruhi juri untuk mempercayai argumen kita. Grogi
dapat menghancurkan semua rencana anda dengan sekejap. Grogi juga menunjukkan
kalau anda tidak yakin dengan ateri yang anda bawa . Kalau anda tidak yakin
pada diri sendiri bagaimana bisa anda meyakinkan banyak orang dan memenangkan
debat. Latian yang banyak dapat mengurangi grogi. Jam terbang yang tinggi dalam
kompetisi selain menghilangkan grogi membangun mental juara.
3. Tetap
Sopan
Memang seperti yang saya katakan kalau ini ialah perang tapi
tetap ada aturannya.Jangan menggunakan kata-kata kotor karena itu sangat tidak
santun. Tujuan dari debat ialah selain membandingkan argumen juga
membandingkan kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara yang sopan akan lebih
dihargai
4. Tenang
Dan Fokus
Ini akan membantu anda menjalankan semua rencana anda. Atur cara
atau urutan bicara dalam tim(jika lombanya beregu). Jika anda sedang tidak
fokus maka akan sangat mudah kehilangan kendali dalam perbincangan argumen .
Oleh karena itu tetap fokus . Kalau anda tetap fokus bukan tidak mungkin anda
akan menemukan titik lemah argumen lawan.
5. Posisikan
Lawan Anda di Posisi Anda
Ini ialah cara yang membuat lawan terganggu dengan
argumennya. Buat lawan anda sepaham tentang sesuatu yang umum seperti
"kita semua tahu kalau membunuh ialah dosa".Setelah membuat
pernyataan itu buatlah argumen yang berhubungan dengan pernyataan umum
tersebut.Sekarang anda mempunyai tambahan dasar argumen yaitu pernyataan yang
telah disetujui anda dan lawan anda.
6. Jangan
"Menyerang" Secara Personal
Bukan cara yang baik apabila Anda
dengan ribut mengatakan kepada lawan bahwa ia salah – sebagai gantinya anda
harus menunjukkan bahwa dia salah dengan menggunakan sanggahan-sanggahan yang
baik. Menyebut bahwa lawan Anda salah hanya membuat lawan tertekan
sehingga semakin menolak argumen kita. Itu merupakan sebuah komentar yang
subjektif. Sederhanalah dalam berdebat dan tunjukan keinginan baik
Anda. Sikap itu tidak hanya akan membuat Anda kelihatan baik jika anda
menang, tapi akan menunjukkan bahwa Anda adalah lawan yang pantas sekali pun
Anda kalah. Menyerang yang saya maksud ialah membandingkan lawa anda
dengan apa yang anda perdebatkan. Ini sangatlah tidak adil karena si lawan anda
sendiri dalam dirinya belum tentu pro atau kontra dengan tema yang dibuat. Contoh
: Tema Pacaran di Sekolah Argumen anda(pro)"saya tahu bahwa juga sudah
berpacaran dan anda melakukan hal itu disekolah"
7. Pergunakan
Waktu Sebaik Mungkin
Waktu yang digunakan dalam berdebat mungkin tidak cukup
untuk menuangkan semua argumen dan pemikiran anda.Oleh karena itu tiap ada
kesempatan keluarkan argumen anda hingga waktu hendak habis. Ini akan
menunjukkan kalau sebenarnya anda punya banyak fakta dan argumen dan membuat
anda terlihat sangat menguasai bahan
8. Gunakan Argumen
atau Contoh yang Tepat dan Logis
Gunakan argumen
yang mudah dicerna oleh lawan maupun penilai.Jangan gunakan logika atau pola
pikir yang rumit.Karena bisa saja yang terjadi ialah anda malah dikira tidak
menguasai bahan dan dasar logika atau fakta anda hanya dibuat-buat.
9. Ajukan
Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan sangat baik untuk menjatuhkan
lawan.Selain itu anda juga bisa mengetahui seberapa dalam pengetahuan lawan
anda tentang materi itu sendiri. Anda juga bisa menilai apakah jawabannya masuk
akal atau tidak .Anda juga bisa memperhatikan apakah jawabnnya sesuai dengan
fakta.
Ini disebut
“metoda sokratik”. Ketika lawan mengemukakan sebuah “fakta”– periksa
lebih dalam fakta tersebut dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
dirancang untuk mengungkapkan kekurangan-kekurangannya. Biasanya digunakan
pertanyaan-pertanyaan seperti: “Dapatkah Anda memberi saya satu contoh?”,
“Cara lain untuk melihat hal itu adalah …,apakah cara ini masuk akal menurut
Anda?”. Pertanyaan-pertanyaan ini akan semakin menuntun lawan Anda kepada
kebenarannya – dan jika mereka jujur, mereka akan menyetujuinya.
Sayangnya dalam banyak debat yang sering terjadi adalah respon kemarahan
karena lawan Anda menganggap Anda sedang “berusaha bermuslihat” kepadanya.
Tapi jangan khawatir karena hal itu pertanda kemenangan Anda sudah
dekat
10. Membaca
Situasi
Ini adalah kemampuan seseorang yang pandai berdebat.
Orang yang pandai berdeat harus tahu kapan ia akan meneruskan suatu argumen dan
kapan ia harus mengalihkannya. Kemampuan membaca situasi juga berperan penting
untuk melihat kelemahan lawan
11. Menatap ke juri, bukan ke lawan
Hal ini sangat penting, karena kebanyakan debater
selalu memandang ke lawan. Padahal lawan anda tidak dapat membuat anda menang,
mereka justru akan mengalahkan anda. Pandanglah ke juri, mereka yang memberi
penilaian untuk anda.Persuasikan argumen anda untuk juri dan bukan untuk lawan
anda.
12. Penentuan posisi tim
Dalam
asian parlimentery digunakan 3 orang pembicara (1st, 2nd, 3rd), dimana ketiganya mempunyai peran yang vital
namun berbeda satu dengan yang lainnya. Saran saya berdasarkan pengalaman,
orang yang paling berpengalaman (paling hebat) di dalam tim, lebih baik ditaruh
di 2nd speaker. Karena dalam
posisi ini, seorang debater dapat melakukan argumen baru sekaligus mematahkan
argumen lawan/rebattle (hal ini
khususnya untuk tim pro). Kemudian anggota yang terlemah biasanya akan ditaruh
di 3rd speaker, karena 3rd speaker hanya bertugas untuk
merebattle atau mematahkan statement lawan saja dan ia tidak dapat dijadikan
reply speech. Untuk mengetahui siapa yang hebat atau kurang, hanya bisa
diketahui ketika kita berlatih.Biasanya yang lebih agresif dapat dijadikan 1st atau 2nd speaker.
13. Jangan emosi
Penting sekali! Debat bukanlah adu otot leher. Tidak perlu sampai berlebihan
dalam memberikan statement.Justru ketika kita emosi, disitulah letak titik
kelemahan kita. Kita tahu sendirikan, kalau orang emosi biasanya sudah tidak
dpat dikontrol akan apa yang ingin disampaikan. Inlah terget empuk saya
sebenarnya, karena pasti ketika kita menghadapi orang yang emosi, maka akan
banyak keslahan yang akan dibuatnya. So
stay cool.... Pernah liat Obama dan Mc Cain berdebat?? Keren banget,
tanpa emosi yang berlebihan sedikitpun
14. Kembali
ke Pokok Materi
Ketika lawan Anda mulai kehabisan argumen, dia akan berusaha beralih ke topik
yang lain – dengan demikian dia berharap Anda terpancing untuk lari dari topik
sebelumnya dan membahas hal baru yang mungkin akan mengacaukan Anda.
Ketika ini terjadi, jangan teperdaya, segera kembali ke topik yang asli
dengan segera. Jangan memberi kesempatan kepada lawan Anda untuk lari ke
topik-topik yang lain (tak peduli bagaimana pun usahanya untuk mencoba) sampai
Anda memenangkan topik itu.
15.
Kenalilah fakta-fakta yang Anda ajukan
Jangan
mengatakan bahwa sesuatu itu “benar” kecuali jika Anda benar-benar
mengetahuinya –itu disiapkan untuk membuktikannya jika perlu. Anda akan
mudah diserang kalau argumentasi Anda mengambang. Anda tidak usah
berdebat kalau Anda tidak bisa mengajukan fakta-fakta dan menguasai keseluruhan
informasinya. Apabila lawan Anda ternyata lebih mengetahui kebenarannya,
Anda akan “dibantainya”
Guide For Chair And The Timer Keeper
Ladies
And Gentlemen
Welcome
To Debate Contest
First, let me introduce the debaters.
On my right is group........................as
the affirmative
team, acting as the first speaker is.....................;acting as the second
speaker is.....................;acting as the third speaker
is.....................;and the reply speaker will be given
by..............................
On my left is group........................as
the negative
team, acting as the first speaker is.....................; acting as the second
speaker is.......................................;acting as the third speaker
is.....................;and the reply speaker will be given
by..............................;
Ladies And Gentlemen
Now, I’d like to introduce the adjudicators, the first
adjudicator is..................................; the second adjudicator
is...................................; etc
The time Keeper Is.....................;And I
Am...............Acting As The Chair Person
Ladies
And Gentlemen
Before
we begin. Let me announce the rules and regulation of this contest. Each
substantive speech taken five minutes; after three minutes
the time keeper will knock once; after five minutes the time
keeper will knock twice; and after five minutes twenty second the time keeper
will knock continuously to show that the time is over.
For
reply speech the maximum time is three minutes. After two minutes the time keeper will knock once; after three minutes
the time keeper will knock twice; and after three minutes
twenty second the timer keeper will knock continuously
Ladies
And Gentlemen
THE
MOTION TODAY IS.............................................
Well
ladies and gentlemen, I would like to invite the first speaker from the
affirmative team. Ladies and gentlemen ,
please welcome Mr/Mrs.............................
Now, I would
like to invite invite the first speaker from the affirmative team. Ladies and gentlemen , please welcome
Mr/Mrs.............................etc.
REFERENCES
- Muhammad In’am F Noer, English Debate Training, Spirit, Yogyakarta, Speaking Skill Edition,2016
- Azar B.S. Fundamental of english grammar. New Jersey : Tina B. Carver. Second ediotion. Regent hall, 1941
- Arun.Dewi. 1000 Percakapan Bahasa Inggris Sehari Hari.Surabaya.2013
- Abdulmasrur. English Grammar System 24 Jam. Bandung.first edition.2006
- Mas’ud F. Essential of English Grammar. Yogyakarta : Second Edition.pabelan, 1996
- Echol, Jhon & M.Shadily, An English-Indonesia Dictionary, Coenell University press, New York, 1975, PT, Gramedia Jakarta, 1994.
- Melani, Dra., Tuning In The USA, Gramedia, Jakarta, 2008
- Hadikusumo, B.U, Usefull Vocabs, Kanisius, Yogyakarta, 1983
- Mulyono.Agus. Simple Vocabulary. Pare-kediri. Second edition.2011
- Dr.Mugni.Harmoni. Dkk. Easy Speaking For Cendekia’s Students.Aikmel,2015
DOWNLOAD FILE WORD NYA DISINI
Silahkan Tonton Youtube Kami Juga Tentang Tips dan Trik Lomba Debat bahasa Inggris Mulai dari Pembicara 1,2,3 dan Reply Speaker CHANNEL YT EDUKASI
Silahkan Tonton Youtube Kami Juga Tentang Tips dan Trik Lomba Debat bahasa Inggris Mulai dari Pembicara 1,2,3 dan Reply Speaker CHANNEL YT EDUKASI
Kok versi wordnya gak bisa didownload? malah kita diarahkan ke situs ini: https://semawur.com/review/1-review-3-game-moba-terbaik-2020-01
ReplyDelete