Cara Efektif Meningkatkan Semangat Belajar si Kecil

Baiklah rekan-rekan rinjanischool pada kesempatan ini kita akan membagikan tentang  Cara Efektif Meningkatkan Semangat Belajar si Kecil yang bisa kita terapkan dan jalankan di masing-masing pribadi.

Yang namanya anak-anak, butuh selalu dimotivasi agar semangat dalam belajarnya.
Cara Efektif Meningkatkan Semangat Belajar si Kecil
Anak-si kecil mudah sekali bosan yang membuatnya tidak mau belajar. Rekan-rekan sebagai bunda harus berperan aktif untuk mengarahkan dan memotivasi si kecil.

Ubahlah suasana membosanan saat belajar menjadi suasana yang menggembirakan.

Jika Rekan-rekan berhasil dalam memberikan motivasi, sehingga si kecil selalu rajin belajar, maka bukan tidak mungkin si kecil Rekan-rekan bisa menjadi murid terbaik di kelasnya.

Berikut cara meningkatkan semangat belajar anak:

1. Dukungan Orang Tua


Sangat penting untuk selalu memberikan dukungan agar si kecil semangat belajar. Ucapkan kalimat-kalimat yang memotivasi si kecil agar rajin belajar.

Lalu sediakan fasilitas belajar yang berkualitas. Hadiahkan si kecil meja belajar, kalau bisa yang tampilannya menarik (walaupun mungkin lebih mahal).

Kondisikan kamar atau ruangan belajar yang nyaman untuk anak. Pokoknya sediakan hal-hal penting yang dibutuhkan anak, sehingga proses belajarnya berjalan baik.

Menata kamar si kecil sehingga terasa nyaman ternyata mempunyai pengaruh besar untuk tingkat kerajinan/semangat si kecil dalam belajar.

Selain itu, jika si kecil melihat orangtuanya bersungguh-sungguh dan bersusah payah dalam menyediakan fasilitas belajar memadai untuk dirinya, si kecil akan merasa dihargai orang tuanya, yang membuat si kecil senang dan berusaha untuk tidak mengecewakan orangtuanya.

2. Beritahu Manfaat Belajar


Beritahukan si kecil tentang manfaat belajar, misalnya agar memperoleh nilai baik di sekolah, mempunyai masa depan lebih cerah, ataupun ilmu yang dipelajari akan berguna di dalam kehidupan sehari-hari.

Usahakan memberitahu tentang manfaat belajar dengan cara yang mudah dipahami si kecil (sesuai kemampuan nalar/tingkat berpikir anak).

Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti saat menasehati atau memberi tahu anak.

Dengan memberitahu si kecil tentang tujuan/manfaat belajar, diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar anak.

Selain itu, bunda perlu berusaha untuk membantu menemukan cita-cita anak. Diskusi kan apa yang menjadi cita-cita si anak.

Bisa juga menanyakan si kecil tentang profesi/pekerjaan yang ingin dilakukannya saat dewasa nanti.

Dengan mempunyai tujuan hidup yang jelas (cita-cita), maka meningkatkan semangat si kecil untuk belajar.

Beritahu juga bahwa tanpa belajar seseorang tidak akan bisa menggapai cita-citanya.

3. Jangan Cuek


Dampingi si kecil saat belajar, jangan cuek. Bunda harus selalu ada saat si kecil mengalami kesulitan.

Dampingi lah anak, berikan semangat, maka si kecil merasa sangat dihargai dan diperhatikan oleh orang tuanya.

Si kecil merasa orangtuanya sangat baik karena mau menemani dirinya saat belajar.

Bunda boleh membantu si kecil dalam belajar, tapi bukan berarti bunda yang justru mengerjakan semua tugas anak, adapun si kecil hanya berleha-leha.

Orangtua memposisikan diri sebagai teman belajar, membantu si kecil saat mengalami kesulitan.

4. Komunikasi


Bunda harus rutin berkomunikasi dengan anak, tanyakan tentang kegiatan anak, misalnya saat di sekolah, nantinya si kecil akan banyak menceritakan pengalaman unik saat berada di sekolah.

Bunda seharusnya mendengarkan cerita maupun curhatan si kecil dengan penuh perhatian, hal ini membuat si kecil merasa dihargai.

Jangan malas untuk membahas atau menanyakan tentang sekolah anak, hal ini membuat si kecil menyadari bahwa sekolah adalah hal yang sangat penting, sehingga si kecil akan bersungguh-sungguh dalam belajarnya.
loading...

5. Hadiah


Berikan reward saat si kecil berprestasi atau mendapatkan nilai bagus. Si kecil akan merasa dihargai dan senang, sehingga akan lebih bersemangat lagi dalam belajarnya.

Reward bisa berupa materi dan non-materi. Reward berupa materi misalnya dibelikan hadiah. Adapun reward non-materi misalnya memberikan pujian.

Berikan reward juga saat si kecil melakukan usaha keras atau rajin belajar.

6. Disiplin


Disiplin hanya bisa diperoleh dengan latihan. Oleh karena itu, si kecil sejak dini harus dilatih disiplin.

Salah satu jenis kedisiplinan yang perlu diajarkan pada si kecil yaitu menerapkan jam belajar. Dimana si kecil harus mematuhi waktu jam belajar.

Jika telah masuk waktu belajar maka si kecil harus fokus untuk belajar, sehingga tidak boleh melakukan aktivitas lain seperti bermain game, nonton TV, browsing internet, dll.

Si kecil harus dilatih, jika telah masuk waktu belajar maka jangan melakukan aktivitas lain.

7. Jadilah Teladan


Bunda harus memberikan contoh yang baik pada anak. Seringkali seorang ayah melarang anaknya merokok, tapi si ayah sendiri malah merokok.

Jangan sampai ucapan dan prilaku bertentangan, sehingga wibawa bunda jatuh di mata anak. Si kecil sangat memperhatikan gerak-gerik orang tuanya.

Bunda yang mempunyai sifat malas, kemungkinan besar akan mempunyai si kecil yang pemalas juga. Hal itu karena si kecil mencontoh orang tuanya.

Jika bunda kerjaannya suka nonton TV atau bermain smartphone, si kecil akan mencontohnya.

Demikian juga, jika bunda rajin membaca buku, si kecil akan sangat termotivasi untuk rajin membaca buku.

8. Suasana Belajar


Kondisikan belajar yang nyaman. Dimana ruangan (tempat si kecil belajar) suasananya mendukung sehingga si kecil semangat dan nyaman saat belajar.

Pastikan ventilasi udara yang memadai sehingga udara di dalam ruangan tidak terasa pengap. Selain itu, ruangan jangan sampai penuh sesak oleh tumpukan barang.

Bunda juga harus menghindari teriak-teriak di dalam rumah, hindari suka memarahi si kecil (apalagi saat waktu belajar anak) karena akan membuat si kecil bad mood.

Selain menjaga kenyamanan ruangan belajar anak, juga harus menjaga suasana hati si kecil agar selalu bersemangat.

Hal-hal lainnya yang penting diketahui:

9. Walaupun si kecil masih kecil (misalnya 3 tahun), usahakan si kecil terbiasa dengan yang namanya buku, walaupun belum bisa membacanya setidaknya si kecil melihat, memegang dan membuka buku.

10. Latih si kecil agar terbiasa membaca, sehingga saat telah besar dirinya tidak lagi kaget dengan yang namanya buku.

11. Jadilah bunda yang suka membacakan cerita buku pada anak-si kecil menjelang tidur.

12. Jangan kendor memberikan dukungan dan semangat pada si kecil agar mau belajar.

13. Sering-seringlah melakukan tanya-jawab dengan anak. Jika si kecil bertanya maka bunda jangan malas untuk menjawabnya.

14. Memang merepotkan jika si kecil banyak bertanya, jika pertanyaan si kecil bagus hendaknya bunda bersabar dalam menjawabnya. Kegiatan tanya-jawab ini akan merangsang kreativitas dan semangat si kecil dalam belajar.

15. Berikan Perhatian. Saat si kecil pulang sekolah, jangan malas untuk menanyakan pengalamannya saat di sekolah, apakah ada hal menyenangkan yang ingin diceritakan, atau mungkin si kecil ingin curhat (menceritakan tentang pengalaman yang tidak enak).

16. Dorong si kecil pada bidang yang menjadi bakatnya. Bunda jangan memaksa si kecil harus selalu mendapatkan nilai bagus pada setiap mata pelajaran. Yang penting, cari tahu bakat si kecil di bidang apa, setelah itu fokus pada bidang tersebut.


17. Disatu sisi perlu memberikan hadiah saat si kecil rajin belajar, disisi lain perlu adanya penerapan hukuman jika si kecil malas belajar.

Hindari melakukan bentuk hukuman yang salah (misalnya memukul), berikan hukuman yang mendidik misalnya si kecil diskors tidak boleh bermain game di smartphone selama 1-2 Minggu.

Berikan bentuk hukuman, yang dengan hukuman tersebut bisa “memaksa” si kecil agar mau belajar.

Si kecil tidak akan berani mengulangi kesalahannya, karena jika melakukan kesalahan hukumannya tidak boleh bermain gadget selama seminggu.

Demkianlah  cara untuk meningkatkan semangat belajar si kecil yang dapat rekan-rekan terapkan pada si buah hati kesayangan anda, selamat mencoba dan  salam parenting.

0 Response to "Cara Efektif Meningkatkan Semangat Belajar si Kecil"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Judul Artikel......!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel