Pengertian dan Penjelasan Present Continuous Tense


Present Continuous Tense - Setelah kita membahas tuntas mengenai Simple Present Tense maka saat ini kami menjelaskan secara detail mengenai Present Continuous Tense. Penasaran? Yuukk langsung aja kita kupas tuntas.

Pengertian dan Penjelasan Present Continuou Tense

Pengertian dan Penjelasan Present ContinuousTense


Present Continuous Tense atau yang sering disebut juga Present Progressive tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Present Continuous Tense merupakan Tenses yang menerangkan suatu kejadian yang sedang terjadi di waktu sekarang. Beberapa ahli Grammar juga berpendapat hampir sama mengenai apa itu Present Continuous Tense. 

Raymond Murphy (2003: 2) misalkan, berpendapat mengenai Present Continuous Tense bahwa

"I am doing something (Present Continuous Tense) = I am in the middle of doing something; I've started doing it and I haven't finished yet."

"Aku sedang melakulan sesuatu (Present continuous Tense) = aku ada di tengah-tengah melakukan sesuatu; aku telah memulainya dan aku belum menyelesaikannya."

Sedangkan menurut Michael Swan (2005: 451) berpendapat mengenai Present Continuous Tense bahwa

"We use the present progressive (Present Continuous Tense) to talk about temporary action and situations that are going on now or 'around now': before, during and after the the moment of speaking."

"Kita menggunakan present progressive (Present Continuous Tense) untuk mebicarakan tentang tindakan atau situasi yang sementara yang sedang terjadi sekarang atau 'di sekitar sekarang': sebelum, selama dan sesudah waktu berbicara."

Rumus Present Continuous Tense


Di bawah ini merupakan rumus Present Continuous Tense untuk tiga jenis kalimat, yaitu kalimat positif (Positive Sentence), kalimat tanya (Introgative Sentence), dan kalimat negatif (Negative Sentence)

  • S+tobe ( is, am , are ) + V ing + O
  • S+tobe ( is, am , are ) Not + V ing + O
  • Tobe ( is, am , are ) + S+ V ing + O


Perbuahan V-ing pada Present Continuous Tense


Terdapat beberapa perubahan V-ing pada Present Cotinuous Tense yang harus kita perhatikan ketika kita ingin menambahkan akhiran (suffix) "-ing" pada Verb (kata kerja).

Untuk kata kerja (Verb) berakhiran huruf mati (consonant) yang didahului oleh huruf hidup (vocal) dan dibaca satu sampai dua Syllable (pengucapan) misalnya cut, put, get, begin, occur dll, mendapatkan akahiran "-ing" dengan menggandakan huruf akhir kata kerja tersebut.

Pengertian dan Penjelasan Present Continuou Tense


Untuk kata kerja (Verb) berakhiran huruf mati (consonant) yang didahului oleh dua huruf hidup (vocal) misalkan speak, dan read, mendapatkan akhiran "-ing" dengan menambahkannya seperti biasa.

Pengertian dan Penjelasan Present Continuou Tense


Untuk kata kerja (Verb) yang berakhiran huruf "-e" misalkan serve, give, leave,emphasize , dll mendapatkan akhiran (suffix) "-ing" dengan menghilangkan huruf "-e" tersebut.

Pengertian dan Penjelasan Present Continuou Tense


Tetapi tidak semua kata kerja (Verb) bisa dipakai dalam Present Continuous Tense, terdapat beberapa kata kerja (Verb) yang tidak biasa dipakai dalam Present Continuous Tense. Kata kerja (Verb) tersebut berupa kata kerja non-aksi (Non-action Verb) yang disebut Stative Verbs, Contoh:

Belive, hear, know, please, see, think, feel, like, dislike, love, prefer, smell, understand, hate, gues, mean, recogenize, suppose, want, have, imagine, need, remember, taste, wish.

Bentuk Present Continuous Tense


Pengertian dan Penjelasan Present Continuou Tense

Penggunaan Present Continuous Tense


Jika kita perhatikan bersama, penjelasan dari ke tiga ahli Grammar di atas sebenarnya kita sudah bisa menarik beberapa pemahaman mengenai penggunaan Present Continuous Tense.

1. Present Continuous Tense dipakai untuk menunjukan kejadian yang terjadi disekitar sekarang. Kejadian tersebt sudah dimulai di masa lalu, masih berlangsung di masa sekarang dan kemungkianan akan berkahir di masa depan.

Examples
  • Marhum is watching TV.
  •  I am reading a novel.
  •  They are playing football.


Present Continuous Tense dipakai untuk menunjukkan kejadian yang terjadi pada periode di sekitar sekarang, seperti today (hari ini), this morning (pagi ini), this week (minggu ini), dll.

Examples
  • We are studying hard today.
  • We are palying basketball this afternoon.
  •  Jhon is working hard this week.


Present Continuous Tense dipakai untuk menunjukan kejadian yang akan terjadi pada masa depan (future).

Examples
  •  What are you doing tomorrow evening?
  • They arevgoing to cinema tomorrow evening.
  •  Come and see us next week if you are passing my home.


Present Continuous Tense dipakai untuk menunjukkan kejadian yang terjadi sementara (temporary).

Examples
  • We are living with some friends until I find a flat.
  • You are working hard today.
  • She is  eating a bar of chocolate.


Present Conitnuous Tense dipakai untuk menunjukkan kejadian yang sangat sering dilakukan tapi bukan merupakan suatu kebiasaan. Pada kalimat Present continuous Tense ini biasanya menambahkan "Always" di dalamnya.
Examples : :
  • We have lost my key again. I am always losing my key.
  •  Jhon is always comlaining.
  •  We are always wathching movie.



Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Penjelasan Present Continuou Tense yang semoga bermanfaat dan dapat menbantu rekan-rekan dalam belajar tense Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel